Merasa Dijadikan Komoditas Politik KSPI, SPN Nyatakan Dukungan ke Jokowi-Ma'ruf

Kompas.com - 04/04/2019, 18:20 WIB
Federasi Serikat Pekerja Nasional yang berafiliasi dengan Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) menyatakan dukungan untuk Jokowi-Maruf di Posko Cemara, Kamis (4/2/2019).  KOMPAS.com/JESSI CARINA Federasi Serikat Pekerja Nasional yang berafiliasi dengan Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) menyatakan dukungan untuk Jokowi-Maruf di Posko Cemara, Kamis (4/2/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum Serikat Pekerja Nasional (SPN) Djoko Heriyono mengatakan, lembaganya telah dijadikan komoditas politik semata oleh Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia ( KSPI).

Dia mengatakan keputusan KSPI pimpinan Said Iqbal untuk mendukung paslon nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno tidak didiskusikan bersama semua federasi yang berafiliasi dengan KSPI.

"Sikap politik KSPI yang mendukung Prabowo-Sandi dalam perjalanannya tidak mewakili kepentingan kelembagaan federasi, terutama di Federasi SPN," ujar Djoko di Posko Pemenangan Jokowi-Ma'ruf di Jalan Cemara, Kamis (4/2/2019).

Baca juga: Buruh KSPI Resmi Deklarasikan Dukung Prabowo Capres 2019

"SPN merasa hanya dijadikan sebagai komoditas politik semata tanpa mempertimbangkan realitas dan nilai-nilai perjuangan buruh, yang kemudian membuat kedaulatan federasi menjadi tergerus," tambah dia.

Sehingga, meskipun berafiliasi, pihaknya menyatakan dukungan untuk calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01 Joko Widodo dan Ma'ruf Amin.

SPN menilai pasangan Jokowi-Ma'ruf lebih pro terhadap buruh. Khususnya terkait komitmen untuk menguatkan sumber daya manusia dalam lima tahun ke depan.

Baca juga: Tanggapan Bawaslu Soal Kontrak Politik Prabowo dengan KSPI

Djoko percaya Jokowi-Ma'ruf lebih mampu membuat kebijakan yang berpihak kepada buruh daripada Prabowo-Sandiaga.

"Dukungan ini sekaligus sebagai ikhtiar perjuangan politik kami untuk memperkuat posisi tawar kaum buruh kedalam agenda-agenda pembangunan yang akan diusung oleh Jokowi-Amin ke depan," kata dia.

Djoko mengatakan dukungan ini merupakan bentuk penolakan federasi terhadap politisasi konfederasi.

Baca juga: KSPI Dukung Prabowo, dari 10 Tuntutan hingga Kekayaan yang Dirampas Asing

Djoko mengatakan dukungan ini juga tidak lepas dari aspirasi anggota sendiri. Anggota SPN di daerah banyak yang menginginkan Jokowi-Ma'ruf terpilih dalam Pilpres 2019.

"Selain itu, realitas di bawah juga menunjukkan bahwa sebagian besar kader-kader SPN yang berpartisipasi dalam pemilihan legislatif tersebar ke dalam parpol-parpol pendukungan Jokowi-Amin," ujar Djoko.

KSPI telah menyatakan dukungan kepada Prabowo pada 1 Mei 2018. Presiden KSPI mendeklarasikannya dalam acara rakernas di Istora Senayan, Jakarta. Ketika itu, Prabowo Subianto juga menghadiri acara rakernas.

"Sesuai rakernas KSPI, kita mendukung Prabowo di 2019," kata Said Iqbal.

Kompas TV Capres Nomor Urut 02, Prabowo Subianto, menghadiri hari ulang tahun Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI). Prabowo disambut buruh dengan nyanyian mars. Turut hadir bersama Prabowo, yaitu Rizal Ramli dan tokoh lainnya, termasuk Presiden KSPI Said Iqbal. Di hadapan para buruh, Prabowo turut berbicara soal kondisi ekonomi.

 

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X