Kompas.com - 11/10/2018, 19:28 WIB
Penulis Mela Arnani
|
Editor Bayu Galih

KOMPAS.com - Pendaftaran calon pegawai negeri sipil atau CPNS 2018 telah berlangsung selama 16 hari. Pendaftaran secara online melalui situs Sistem Seleksi CPNS Nasional atau SSCN ini akan berakhir pada 15 Oktober mendatang.

Seleksi CPNS 2018 terdiri dari beberapa tahap. Secara umum tahapan yang harus dilalui oleh para pelamar antara lain seleksi administrasi, seleksi kompetensi dasar, dan seleksi kompetensi bidang.

Sambutan masyarakat terhadap pembukaan lowongan CPNS oleh pemerintah ini terbilang tinggi. Hal tersebut terbukti dengan banyaknya jumlah pelamar yang mendaftarkan diri untuk mengikuti seleksi.

Persaingan pelamar pada seleksi CPNS 2018 diprediksi akan berlangsung secara ketat.

Berdasarkan informasi yang diterima Kompas.com dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) per hari ini, Kamis (11/10/2018) pukul 16.00 WIB, total pelamar yang sudah mendaftarkan akun SSCN tercatat lebih dari 4 juta orang.

Padahal, pemerintah hanya mengalokasikan sebanyak 238.015 formasi untuk CPNS tahun ini, dengan total formasi yang terbagi pada instansi pusat dan daerah.

Namun, dari total pelamar yang mendaftarkan akun SSCN tersebut, baru 2.572.891 orang yang telah menyelesaikan proses pendaftaran.

Pendaftar CPNS kali ini terdiri dari berbagai formasi, seperti formasi umum, lulusan terbaik (cumlaude), diaspora, disabilitas, atlet berprestasi internasional, honorer K2, serta putra/putri Papua dan Papua Barat.

Berikut rincian jumlah pelamar masing-masing formasi yang masuk dalam sistem SSCN per hari ini:

1. Formasi Umum

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.