Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Maarif Award 2018, Mencari Pejuang Kemanusiaan

Kompas.com - 08/02/2018, 19:34 WIB
Moh. Nadlir,
Inggried Dwi Wedhaswary

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Maarif Institute menggelar "Maarif Award 2018" untuk mencari para pejuang kemanusiaan yang selama ini belum pernah muncul.

Penghargaan itu diharapkan dapat memunculkan para pemimpin lokal yang memperjuangkan nilai-nilai ke-Indonesia-an dan kemanusiaan.

"Utamanya yang punya kerja-kerja kemanusiaan, kebangsaan yang konkret untuk merekatkan perbedaan, kebhinekaan yang ada di masyarakat secara real," ujar Direktur Eksekutif Maarif Institute, Muhammad Abdullah Darraz, di Kantornya, Jakarta, Kamis (8/2/2018).

Ia mengatakan, pasca Pilkada DKI 2017, rekatan atau ikatan kebangsaan, dan kemanusiaan antar warga menjadi renggang.

"Karena persoalan politik, orang bisa terfragmentasi seperti itu," kata Darraz.

Baca juga: Dicari, Sosok Pejuang Kemanusiaan dan Toleransi

Maarif Institute menggunakan momentum tahun politik untuk menggelar lagi ajang dua tahunan itu untuk menemukan pemimpin-pemimpin di luar proses politik.

"Kami ingin menemukan pemimpin-pemimpin dari akar rumput yang justru punya kerja-kerja yang konkrit untuk membuat satu harmoni baru di kalangan masyarakat," kata dia.

Darraz mengatakan, adanya kekhawatiran akan imbas tahun politik menjadi salah satu faktor untuk mencari para penyemai harmoni di masyarakat.

"Kami berharap sosok-sosok yang nanti ditemukan ini betul-betul punya karya yang konkret, dirasakan oleh masyarakat, diterima oleh berbagai segmentasi," kata dia.

Peran masyarakat juga dibutuhkan untuk memunculkan sosok-sosok pemimpin baru dari kalangannya tersebut.

"Ini kepemimpinan yang lahir dari masyarakat itu sendiri. Bukan dari atas ke bawah, tapi justru dari kawah candradimuka masyarakat sendiri," kata dia.

Baca juga: Mengenang Riyanto Sang Pejuang Kemanusiaan

Partisipasi masyarakat

Dalam proses penjaringan, Maarif Institute melibatkan masyarakat untuk mengusulkan nama-nama yang dinilai layak mendapatkan Maarif Award 2018. Usulan nama bisa disampaikan mulai hari ini, 8 Februari 2018, hingga 25 Maret 2018.

Caranya, masyarakat bisa mengunduh formulir di http://maarifinstitute.org/about-maarif-award/. 

Setelah diisi, formulir bisa dikirimkan kembali ke maarifaward@maarifinstitute.org atau dikirimkan langsung ke Kantor Maarif Institute, Jalan Tebet Barat Dalam II, Nomor 6 Tebet, Jakarta Selatan 12810.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com