Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ahok: Ini Bukan soal Persib, Sriwijaya, atau Persija yang Menang

Kompas.com - 19/10/2015, 05:46 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan, permasalahan yang dihadapi dunia persepakbolaan Indonesia bukan tentang klub ataupun pendukungnya, melainkan bagaimana menciptakan bibit potensial yang bisa mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional.

"Tujuan kita tuh bukan soal Persib menang, Sriwijaya FC menang, atau Persija menang," kata Basuki seusai menonton pertandingan Final Piala Presiden 2015 antara Persib Bandung dan Sriwijaya FC, di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (18/10/2015) malam.

Selain menciptakan bibit pemain potensial, seharusnya ada klub yang berhasil dalam kejuaraan dunia. Hal itu berdampak baik bagi persatuan Indonesia. Sebab, lanjut dia, sepak bola merupakan sebuah hal yang dapat menyatukan warga Indonesia.

"Persoalan kita tuh ada enggak tim sepak bola kita yang bisa ikut juara (kejuaraan) dunia nantinya. Jadi bukan persaingan antarkita (sesama klub Indonesia), tapi bagaimana kita bisa ketemu orang bagus untuk maju ke tingkat dunia," kata Basuki.

Basuki menonton langsung pertandingan Persib Bandung melawan Sriwijaya FC di SUGBK. Ia mengenakan jersey kebanggaan Persija Jakarta berwarna oranye bertuliskan Basuki T Purnama dengan nomor 2 di punggungnya.

Presiden Joko Widodo juga turut menyaksikan pertandingan tersebut. Kemudian, terlihat pula Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, serta sejumlah pejabat negara lain ikut menghadiri final Piala Presiden.

Persib Bandung berhasil mengalahkan Sriwijaya FC dengan skor akhir 2-0. Gol tersebut diciptakan oleh Ahmad Jupriyanto dan Makan Konate.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com