Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bantah Berijazah Palsu, Menteri Pariwisata Klaim Lulus "Cum Laude"

Kompas.com - 03/06/2015, 16:43 WIB
Mentari Chairunisa

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Pariwisata Arief Yahya membantah kabar bahwa dirinya menggunakan ijazah palsu. Ia mengklaim telah lulus dengan predikat cum laude dari Universitas Padjadjaran (Unpad), Bandung.

"Saya itu S-1 di Elektro ITB, S-2 di Surrey University Inggris, dan S-3 di Manajemen Bisnis Unpad. Kalau saya dapat ijazah palsu, enggak mungkin saya dapat cum laude di universitas itu," kata Arief di Jakarta, Rabu ( 3/6/2015).

Arief mengatakan, semua gelar yang dia raih dapat dibuktikan ke masing-masing institusi pendidikan tersebut. Mengenai tudingan menggunakan ijazah palsu, Arief menyatakan tidak mau memikirkan adanya pihak yang mau menjatuhkan dirinya.

"Saya positive thinking saja. Kalau enggak percaya juga, bisa datang ke tempat saya kuliah," ujarnya.

Pada pekan lalu, Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi M Nasir menginspeksi mendadak kampus Universitas Berkley Jakarta. Kampus tersebut merupakan cabang dari University of Berkley Michigan yang dikelola bersama Lembaga Manajemen Internasional Indonesia (LMII).

Seusai inspeksi, Nasir menyatakan bahwa LMII adalah kampus "bodong" dan ijazah yang dikeluarkan merupakan ijazah palsu. Menurut dia, LMII hanya mengantongi izin sebagai tempat kursus.

Nama Arief Yahya masuk dalam daftar alumni peraih gelar PhD dari kampus tersebut sebagaimana dipublikasikan oleh LMII. Selain Arief, ada nama anggota DPR Komarudin Watubun dan pejabat publik lainnya. (Baca Istana Ingin Menteri Pariwisata Klarifikasi tentang Pemberitaan Ijazah Palsu)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com