Ini Alasan Irjen Budi Waseso Belum Laporkan Harta Kekayaan ke KPK

Kompas.com - 20/01/2015, 15:26 WIB
Irjen Polisi Budi Waseso saat berpangkat Brigjen Polisi dan menjabat Kapolda Gorontalo. KOMPAS.com/MUZZAMMIL D MASSAIrjen Polisi Budi Waseso saat berpangkat Brigjen Polisi dan menjabat Kapolda Gorontalo.
|
EditorInggried Dwi Wedhaswary

JAKARTA, KOMPAS.com
- Kepala Badan Reserse Kriminal Polri Irjen Pol Budi Waseso mengakui belum menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) ke Komisi Pemberantasan Korupsi. Ia mengatakan, hingga saat ini, ia masih memproses laporan harta kekayaannya. (Baca: KPK: Kabareskrim Budi Waseso Belum Pernah Laporkan Harta Kekayaannya)

"Iya, itu dalam proses," ujar Budi, saat ditemui disela-sela pengarahan pleh pelaksana tugas Kapolri Komjen Badrodin Haiti untuk para Kapolda se-Indonesia dan perwira menengah di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (20/1/2015).

Menurut Budi, dia sudah pernah melaporkan harta kekayaannya ke KPK. "Iya saya sudah lapor sebelumnya. Tapi enggak tahu, yang terbaru belum," kata Budi.

Terkait jumlah total kekayaan yang dimiliki, Budi mengaku tidak mengetahui secara pasti total hartanya. Ia akan meminta pihak lain untuk melakukan penghitungan demi menjaga transparansi.

"Nah itu saya belum tahu, saya tidak mau yang ngitung sendiri. Kalau saya ngitung sendiri, bisa dikira bohong. Harus kejujuran," kata Budi.

Irjen (Pol) Budi Waseso terpilih sebagai Kepala Badan Reserse dan Kriminal Polri pengganti Komjen Suhardi Alius. Mutasi jabatan itu berlangsung beberapa saat sebelum pemberhentian Jenderal Sutarman sebagai Kepala Polri. Sebelumnya, Budi menjabat sebagai Kepala Sekolah Staf Pimpinan Tinggi Polri (Sespimti) di Lembang, Bandung, Jawa Barat. 

Sebelumnya, berdasarkan penelusuran Kompas.com di situs acch.kpk.go.id, hasil pencarian LHKPN atas nama Budi Waseso nihil. Kepala Bagian Pemberitaan dan Informasi KPK Priharsa Nugraha membenarkan bahwa Budi belum pernah menyerahkan LHKPN ke KPK.

"Yang bersangkutan belum pernah lapor LHKPN," ujar Priharsa saat dikonfirmasi melalui pesan singkat.  

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X