Pejabat Kementerian Pertanian Jadi Tersangka Korupsi Kopi

Kompas.com - 16/11/2013, 08:10 WIB
Kopi SHUTTERSTOCKKopi
Penulis Dani Prabowo
|
EditorPalupi Annisa Auliani
JAKARTA, KOMPAS.com — Kejaksaan Agung menetapkan seorang pejabat Kementerian Pertanian sebagai tersangka dugaan korupsi pengadaan benih kopi. Pengadaan itu menggunakan anggaran tahun 2012 di Direktorat Jenderal Tanaman Rempah dan Penyegaran Kementerian Pertanian.

"Menetapkan Hadi SP sebagai tersangka berdasarkan Surat Perintah Penyidikan tertanggal 15 November 2013," kata Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung, Setia Untung Arimuladi, melalui layanan pesan singkat, Jumat (15/11/2013). Surat perintah tersebut bernomor Print-113/F.2/Fd.1/11/2013.

Hadi adalah Kepala Sub Direktorat Budidaya pada Direktorat Tanaman Rempah dan Penyegaran Kementerian Pertanian. Peningkatan status perkara ke penyidikan, kata Untung, dilakukan setelah penyidik mendapatkan indikasi penyelewengan dalam proses pengadaan benih kopi se-Indonesia tersebut.

Penyelewengan diduga terjadi pada tahap pengajuan, pencairan, dan penggunaan kredit oleh PT Cipta Terang Abadi dan PT Cipta Inti Parmindo. Kementerian Pertanian pada 2012 melakukan pengadaan lima jenis benih kopi. Kerugian negara dalam proyek pengadaan ini diperkirakan mencapai Rp 12 miliar.


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X