Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/05/2013, 11:52 WIB
Penulis Sandro Gatra
|
EditorInggried Dwi Wedhaswary

JAKARTA, KOMPAS.com — Partai Gerindra akan mencari tokoh seperti Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo alias Jokowi untuk dipasangkan dengan Prabowo Subianto di Pemilu Presiden 2014. Langkah itu dilakukan menyikapi hasil survei dari berbagai lembaga yang memotret tingkat dukungan publik dalam pilpres.

"Berkaca pada hasil survei, mungkin kombinasi dari kedua model kepemimpinan Prabowo dan Jokowi yang ditunggu-tunggu oleh rakyat. Kita cari orang yang seperti Jokowi jadi pasangan Prabowo," kata anggota Dewan Pembina Gerindra Martin Hutabarat, di Jakarta, Kamis (30/5/2013).

Hal itu dikatakan Martin menyikapi hasil survei Centre for Strategic and Internasional Studies (CSIS) bahwa elektabilitas Jokowi dan Prabowo jika menjadi capres berada di urutan atas. Elektabilitas Jokowi, versi CSIS, sebesar 35,1 persen, dan di urutan kedua Prabowo 16,3 persen.

Martin mengatakan, dengan melihat hasil survei yang menempatkan Jokowi dan Prabowo di posisi teratas, rakyat menginginkan tipe kepemimpinan yang kuat dan efektif. Tipe kepemimpinan "alon-alon asal klakon", kata dia, dirasakan tidak tepat oleh rakyat untuk menjawab persoalan bangsa di masa depan.

"Rakyat ingin pemimpin yang bisa membawa negara ini berlari maraton di tengah persaingan global. Kuncinya adalah kepemimpinan efektif. Model kepemimpinan Prabowo yang diperkirakan tegas, cepat, dan tidak ragu-ragu dalam mengambil keputusan akan bersaing ketat dengan model kepemimpinan Jokowi yang dinamis dan humanis," kata Martin.

Gerindra tidak tertarik menduetkan Prabowo dengan Jokowi? Martin mengatakan, Jokowi sebaiknya dibiarkan menyelesaikan tugasnya sebagai Gubernur DKI Jakarta hingga 2017.

"Tidak baik kesannya baru enam bulan menjabat gubernur lalu dicalonkan untuk presiden atau wakil presiden," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.