Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Choel Mallarangeng Membantah

Kompas.com - 17/01/2012, 07:33 WIB
Icha Rastika

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Choel Mallarangeng, adik Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng, membantah adanya dana terkait proyek Hambalang yang mengalir kepada dirinya. Choel menyatakan tidak tahu soal proyek pembangunan pusat olahraga di Hambalang, Jawa Barat itu.

"Mustahil lah, masak Nazaruddin yang merupakan kubunya Pak Anas ngasih uang ke saya yang tim suksesnya Pak Andi?," kata Choel saat dihubungi, Senin (16/1/2012).

Nama Choel disebut Mindo Rosalina Manulang sebagai salah satu pihak yang menerima dana dari Grup Permai, perusahaan milik Muhammad Nazaruddin, terkait proyek Hambalang.

Mindo, mantan anak buah Nazaruddin saat bersaksi di persidangan, Senin (16/1/2012), mengatakan, Grup Permai menggelontorkan uang Rp 20 miliar untuk mengegolkan proyek Hambalang dan Wisma Atlet. Uang tersebut, kata Rosa, diberikan ke sejumlah pihak, antara lain Choel, Badan Pertanahan Nasional (BPN), Kementerian Pemuda dan Olahraga, serta ke beberapa anggota DPR.

Namun, karena proyek Hambalang gagal, Nazaruddin meminta kembalian Rp 10 miliar ke Sekretaris Menteri Pemuda dan Olahraga, Wafid Muharam. Choel yang juga Direktur Fox Indonesia itu mengaku tidak mengenal dan tidak pernah berhubungan dengan Mindo maupun Wafid Muharam.

Selain menyebut adanya dana ke Choel, Rosa mengatakan bahwa Grup Permai mengalirkan uang Rp 500 juta untuk pemenangan Andi Mallarangeng dalam Kongres Partai Demokrat 2010 di Bandung. Ihwal dana pemenangan Andi ini juga dibantah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com