Nazaruddin: Anas Otak Besarnya! - Kompas.com

Nazaruddin: Anas Otak Besarnya!

Kompas.com - 19/07/2011, 17:54 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Dalam wawancaranya dengan Metro TV, Selasa (19/7/2011) petang, mantan Bendahara Umum DPP Partai Demokrat, M Nazaruddin, kembali melontarkan "serangan" terhadap Ketua Umum DPP Partai Demokrat Anas Urbaningrum. Nazaruddin mengatakan, otak besar di balik seluruh "kekisruhan" yang terjadi di Partai Demokrat saat ini adalah Anas.

"Anas otak besarnya. Memang dia aktornya," ujar Nazaruddin, yang kini berstatus tersangka dalam kasus dugaan suap proyek pembangunan wisma atlet SEA Games.

Ketika ditanyakan lebih lanjut mengapa ia menyebut Anas sebagai otak besar kasus ini, ia menjawab singkat, "Masa saya merekayasa. Saya menceritakan fakta," katanya.

Nazaruddin juga sempat mengungkapkan bahwa ada kesepakatan dan skenario yang dibuat Anas agar kasus yang terungkap saat ini hanya berhenti di Nazaruddin. Pria yang masih berstatus anggota Komisi VII itu menjadi buronan internasional setelah ditetapkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Pada 23 Mei 2011, ia bertolak ke Singapura dengan alasan melakukan pengobatan. Saat ini, ia mengaku masih berada di luar negeri.

"Ya, saya masih di luar negeri. Bagaimana saya mau pulang kalau semuanya direkayasa Anas Urbaningrum," kata Nazaruddin.

Ia juga mengungkapkan, ada aliran uang kepada Anas. Puluhan miliar, kata Nazaruddin, digelontorkan untuk pemenangan Anas dalam Kongres Pemilihan Ketua Umum DPP Demokrat tahun 2010.

"Dari proyek Ambalang, untuk pemenangan Anas Rp 50 miliar. (Uang) dibawa dengan mobil boks yang dibawa Ibu Yuliani, dan Ibu Yuliani sekarang dilindungi Anas," katanya.

Selain itu, kata Nazaruddin, ada pula uang sebesar Rp 35 miliar yang digunakan untuk pemenangan Anas. "Semua tahu, uangnya dari proyek mana, dari siapa ngambil-nya," ujar Nazaruddin.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
    EditorInggried

    Close Ads X