Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Priyo Sarankan Ahmadiyah Jadi Agama Baru

Kompas.com - 10/02/2011, 12:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso mendorong Ahmadiyah untuk segera mendeklarasikan diri sebagai agama baru saja. Hal ini diungkapkannya sebagai salah satu solusi atas peristiwa penyerangan terhadap jemaah Ahmadiyah yang terjadi berulang kali.

"Persoalan Ahmadiyah sangat rumit. Di satu sisi ajaran yang disampaikan tertera dalam keyakinan Ahmadiyah bisa dianggap suatu yang mencemaskan bagi pemeluk agama Islam. Kita sarankan Ahmadiyah mendeklarasikan sebagai agama baru karena peliknya persoalan," katanya di Gedung DPR, Kamis (10/2/2011).

Jika ini terwujud, dengan demikian Ahmadiyah tak akan bisa lagi diburu dan diadili dengan semena-mena seperti sekarang ini karena sudah dijamin oleh keyakinannya.

Sementara itu, solusi lain yang ditawarkan Priyo adalah Ahmadiyah mendeklarasikan diri sebagai bagian dari Islam, tetapi dengan syarat merevisi akidah-akidah yang bertentangan dengan ajaran Islam.

"Karena di Timur Tengah, seperti Pakistan, Ahmadiyah dilarang. Tapi saya tak sampai hati melarang," tandasnya.

Keberadaan Ahmadiyah di Indonesia menuai protes dari sebagian masyarakat Indonesia. Ajaran Ahmadiyah yang menyebut pendirinya, Mirza Ghulam Ahmad, sebagai nabi seperti halnya Nabi Muhammad dipandang sebagai penyimpangan dalam ajaran Islam.

Protes atas keberadaan Ahmadiyah berujung pada sejumlah tindakan anarki terhadap para pengikut Ahmadiyah di sejumlah tempat di Indonesia. Terakhir, tiga anggota jemaah Ahmadiyah tewas dalam bentrokan dengan warga yang terjadi di Cikeusik, Pandeglang, Banten.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com