Pemerintah Harus Fokus Ungkap Dalang Peledakan

Kompas.com - 17/07/2009, 18:52 WIB
Editor

JAKARTA, KOMPAS.com — Pasca dua peledakan di Hotel JW Marriott dan Ritz-Carlton, pemerintah diminta fokus mengungkap dalang di balik peristiwa yang menewaskan 9 orang tersebut. Hal itu dikatakan Sekjen PDI Perjuangan Pramono Anung kepada wartawan, di kediaman Mega, Jumat (17/7) sore.

Sebagai pemerintah, menurutnya, harus siap menghadapi kondisi apa pun dan tidak mengalihkan kejahatan kemanusiaan ini ke isu lain di luar hal tersebut. "Seharusnya sebagai pemerintah fokus bagaimana mengungkap dalang peristiwa ini," kata Pramono.

Berdasarkan hasil rekaman CCTV hotel, sesaat sebelum terjadi ledakan, terlihat seorang pria menggeret sebuah koper dan tas ransel di dadanya. Diperkirakan, pria itu merupakan pelaku peledakan.

"Di CCTV tampak betul gambarnya, ada koper membawa logam berat, tidak perlu mengaitkan dengan peristiwa lain. Ini cara profesional, peristiwa di berbagai negara dan disini hari ini ada korelasinya. Kebanyakan juga dilakukan pada hari Jumat. Tidak ada pikiran capres untuk melakukan perbuatan terkutuk itu," ujarnya.

Presiden SBY, dalam pernyataannya menyebutkan bahwa peristiwa peledakan berkaitan dengan kekecewaan atas pelaksanaan pilpres. Pramono juga menyayangkan bahwa para pembantu Presiden tidak memberikan informasi yang akurat dan tepat kepada presiden.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.