Terminal III Soekarno-Hatta Dapat Layani Airbus A 380

Kompas.com - 21/04/2008, 14:57 WIB
Editor

Laporan wartawan Kompas Haryo Damardono  

 

JAKARTA, SENIN - Terminal III Bandar Udara Soekarno-Hatta didesain mampu untuk melayani pesawat jenis Airbus A 380 berkapasitas minimal 550 penumpang, atau setara kapasitas tiga pesawat jenis Boeing 737-400 yang kini banyak dioperasikan maskapai nasional.

Pembangunan tahap pertama Terminal III Bandara Soekarno-Hatta ini direncanakan selesai September 2008, dengan daya tampung 4 juta penumpang per tahun. PT Angkasa Pura II membangun tahap I Terminal III dengan dana internal sebesar Rp 250 miliar supaya lebih cepat terbangun. Empat tahap lain, dibangun bertahap dengan pendanaan dari swasta.

"Kami yakin mampu menyelesaikan tahap pertama Terminal III, sesuai dengan jadwal kerja. Pembangunan terus berjalan tanpa hambatan," kata Airport Duty Manager Bandara Soekarno-Hatta, M Wasfan Wahyu, Senin (21/4), menanggapi pertanyaan terhentinya pekerjaan konstruksi di lokasi proyek Terminal III.

Terminal III Bandara Soekarno-Hatta berlokasi di eks-lahan Indonesia Air Show 1996, tepatnya di sisi timur Terminal II. Nantinya, dari Terminal II menuju Terminal III akan dihubungkan dengan jembatan penumpang.

Hingga kini, di regional Asia Tenggara baru Singapura Airlines yang mengoperasikan Airbus A380. Otoritas Penerbangan Sipil Singapura atau Civil Aviation Authority of Singapore telah membangun terminal khusus Airbus A380, yakni di Terminal III Bandara Changi. Pesawat jenis itu selain berdaya tampung besar, juga lebih hemat bahan bakar sehingga akan menjadi pesawat andalan di masa depan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Disebabkan daya tampung Bandara Soekarno-Hatta hanya 18 juta penumpang per tahun, sementara bandara ini sepanjang tahun 2007 disesaki 34 juta penumpang per tahun, maka bandara ini memang mengalami kepadatan luar biasa di jam-jam puncak.  

 

 



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.