Salin Artikel

Kemenkes Targetkan Vaksinasi Covid-19 untuk Lansia Capai 50 Persen di Akhir 2021

Nadia mengatakan, saat ini, capaian vaksinasi Covid-19 dosis pertama untuk lansia baru mencapai 43 persen dari target atau 9,2 juta orang.

"Jadi kita berharap bahwa vaksinasi pada lansia ini minimal dosis pertama itu bisa kita kejar sampai dengan akhir Desember 2021," kata Nadia dalam diskusi secara virtual melalui kanal YouTube FMB9IKP_ID, Kamis (11/10/2021).

Nadia mengatakan, vaksinasi untuk lansia harus dikejar mengingat angka kesakitan dan angka kematian Covid-19 pada kelompok tersebut lebih tinggi 6 sampai 7 kali dibandingkan kelompok non-lansia.

Ia mengatakan, Indonesia harus belajar dari Singapura di mana banyak kasus kematian akibat Covid-19 berasal dari kelompok lansia yang belum divaksinasi.

"Apalagi saat berhadapan dengan varian Delta yang kita tahu bahwa varian ini lebih ganas lebih cepat menular dan meningkatkan tingkat keparahan penyakit," ujarnya.

Lebih lanjut, Nadia mengatakan, saat ini, tercatat empat provinsi yang cakupan vaksinasi Covid-19 untuk lansia sudah 50 persen yaitu, DKI Jakarta, Kepulauan Riau, Bali dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sementara itu, provinsi Aceh, Sumatera Barat dan Papua menjadi provinsi dengan cakupan vaksinasi untuk lansia belum mencapai 20 persen.

"Bahkan ada yang baru pada angka sekitar 12 persen, itu di daerah Aceh dan Sumatera Barat di Papua. Angka vaksinasi pada lansianya masih sangat rendah, jadi belum sampai dengan angka 20 persen," ucap dia.

https://nasional.kompas.com/read/2021/11/11/15521671/kemenkes-targetkan-vaksinasi-covid-19-untuk-lansia-capai-50-persen-di-akhir

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.