Salin Artikel

Kasus Covid-19 di Beberapa Daerah Meningkat, Kepala Kanwil Kemenag hingga Penghulu Diminta Waspada

Sebab, data dari Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 menunjukkan ada sembilan provinsi yang mengalami kecenderungan peningkatan kasus dalam tujuh hari terakhir.

Sembilan provinsi itu adalah Lampung, Jawa Barat, Jawa Timur, Banten, Bali, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, dan Papua.

"ASN Kemenag agar tetap menjaga kewaspadaan. Lonjakan kasus yang kembali terjadi di Eropa harus menjadi pelajaran bersama," kata Staf Khusus Menteri Agama Wibowo Prasetyo dikutip dari keterangan tertulis, Jumat (5/11/2021).

"ASN Kemenag harus bisa menjadi teladan disiplin dalam penerapan protokol kesehatan," lanjut dia.

Wibowo mengatakan, sesuai arahan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, jajaran Kemenag harus terus menjaga protokol kesehatan.

Jajaran tersebut antara lain para Kepala Kanwil Kemenag Provinsi, Kepala Kantor Kemenag Kabupatan/Kota, penyuluh, penghulu, guru dan jajaran lainnya.

Menurut Wibowo, kedisiplinan protokol kesehatan sangat penting dalam ikhtiar mencegah penyebaran Covid-19, meskipun sudah ada progran vaksinasi.

Kedisiplinan itu, kata dia, harus dilakukan pada setiap aktivitas, utamanya yang melibatkan banyak orang, termasuk kegiatan keagamaan.

"Saat ini, kita masih dalam suasana Maulid. Ke depan ada sejumlah kegiatan perayaan keagamaan dan giat nasional, semua harus dilaksanakan dengan menerapkan prokes dan sesuai pedoman," ujarnya.

Ia menambahkan, Kementerian Agama juga sudah menerbitkan Surat Edaran Menteri Agama No SE 29 tahun 2021 tanggal 7 Oktober 2021, tentang Pedoman Penyelenggaraan Peringatan Hari Besar Keagamaan Pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Pedoman ini diterbitkan dalam rangka mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19, sekaligus memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat dalam menyelenggarakan peringatan hari besar keagamaan pada masa pandemi Covid-19.

"Pedoman penyelenggaraan disusun dengan memerhatikan kondisi atau status daerah dalam konteks pandemi Covid-19, level 1, 2, 3, atau 4," ucap dia.

https://nasional.kompas.com/read/2021/11/05/18322881/kasus-covid-19-di-beberapa-daerah-meningkat-kepala-kanwil-kemenag-hingga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke