Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Kepala BNPT: Waspada Perkembangan Ideologi di Bawah Permukaan

Kompas.com - 23/04/2024, 21:42 WIB
Inang Sh ,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Mohammed Rycko Amelza Dahniel mengajak semua pihak untuk mewaspadai perkembangan ideologi yang kerap kali terjadi di bawah permukaan.

"Ideologi ini tidak hanya muncul di permukaan, karena sekarang berkembang di bawah permukaan dan hidup berkembang di dalam kehidupan masyarakat," katanya dalam siaran pers, Selasa (23/4). 

Rycko mengatakan, kolaborasi dan sinergi dari berbagai elemen masyarakat, terlebih seluruh organisasi pemerintahan, perlu dilakukan untuk mengidentifikasi ideologi tersebut.

Menurutnya, identifikasi terhadap ideologi tersebut perlu dilakukan sebelum melakukan berbagai upaya-upaya pencegahan, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Baca juga: BNPT Ajak Masyarakat Waspadai Konten-konten Radikalisme di Media Sosial

"Libatkan seluruh masyarakat bersama-sama untuk membangun daya cegah, daya tangkal, daya lawan kepada dirinya sendiri, kepada keluarganya, kepada kawan-kawannya, kepada kelompoknya, kepada masyarakat," ujarnya. 

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Mohammed Rycko Amelza Dahniel dalam sebuah kesempatan. DOK. Humas BNPT Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Mohammed Rycko Amelza Dahniel dalam sebuah kesempatan.

Rycko menekankan, salah satu tugas BNPT adalah mengidentifikasi dan memberi pemahaman tentang potensi terorisme dalam bentuk ideologi kekerasan kepada seluruh elemen bangsa. 

BNPT, sebut dia, juga berperan penting dalam mengoordinasikan antarelemen penanggulangan terorisme, terutama terkait pencegahan intoleransi, radikalisme, dan terorisme.

Baca juga: Cegah Ekstremisme, BNPT dan Kemendesa PDTT Jalin Keja Sama Jalankan Program Desa Siapsiaga

Menurutnya, penanganan terorisme tidak melulu dilakukan sebagai upaya menegakkan hukum. Ada langkah pencegahan lewat identifikasi yang merupakan bentuk waspada akan terorisme.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com