Salin Artikel

Wimar Witoelar, Penulis dan Mantan Jubir Kepresidenan Itu Berpulang

JAKARTA, KOMPAS.com - Wimar Witoelar Kartaadipoetra merupakan tokoh dan penulis kenamaan Tanah Air. Ia sempat menjabat sebagai Juru Bicara Kepresidenan pada era pemerintahan Presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur.

Jabatan itu ia emban pada 26 Oktober 1999 sampai 9 Agustus 2001 bersama Adhie Massardi, Yahya Staquf dan Wahyu Muryadi.

Setelahnya, Wimar Witoelar mengurusi InterMatrix Indonesia, perusahaan konsultasi komunikasi yang ia dirikan pada 1986.

Pria kelahiran Padalarang, Jawa Barat, 14 Juli 1945 itu merupakan putra bungsu dari Raden Achmad Witoelar Kartaadipoetra dan Nyi Raden Toti Soetiamah Tanoekoesoemah.

Wimar dikenal sebagai penulis dan kolumnis yang cerdas. Beberapa judul buku yang pernah ditulis Wimar antara lain, No Regrets (2002), A Book about Nothing (2006), More about Nothing (2009), dan Sweet Nothings (2014).

Ia pernah menjadi kolumnis di berbagai media massa, baik lokal maupun internasional seperti Today, Business Week, News Week, dan Australian Financial Review.

Selain itu, Wimar sempat menjadi komentator di beberapa stasiun televisi internasional seperti ABC, CNBC, dan CNN. Ia juga mengajar sebagai dosen tidak tetap (adjunct professor) di Deakin University, Australia.

Wimar kini telah berpulang pada Rabu (19/5/2021) dalam usia 75 tahun. Ia sempat mengalami masa kritis di Rumah Sakit Pondok Indah akibat kegagalan multiorgan.

https://nasional.kompas.com/read/2021/05/19/11034271/wimar-witoelar-penulis-dan-mantan-jubir-kepresidenan-itu-berpulang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke