Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KLHK Cek Kebenaran Foto Penanaman Sawit di Lahan Bekas Terbakar

Kompas.com - 24/10/2015, 19:09 WIB
Nabilla Tashandra

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dirjen Penegakan Hukum Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Rasio Ridho Sani, mengatakan, pihaknya tengah mengecek kebenaran foto yang disebarkan akun Twitter Kepala Pusat Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho.

"Kita sedang kirim tim ke sana, yang di Kalimantan Tengah. Harus dibuktikan," kata Roy, ditemui usai acara diskusi di bilangan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (24/10/2015).

Sebelumnya, pada Selasa (20/10/2015) lalu, akun @Sutopo_BNPB mengunggah foto lahan bekas terbakar dan beberapa tanaman sawit yang masih hijau. Foto tersebut telah di-retweet sebanyak 1.025 kali dan telah mendapat label favorit dari 136 akun.

"Lahan bekas kebakaran di Nyaru Menteng Palangkaraya sudah ditanami Kelapa Sawit. Habis bakar terbitlah Sawit," demikian caption foto dari kicauan tersebut.

Roy menambahkan, jika memang kebenaran foto tersebut terbukti maka KLHK akan menyegel lahan tersebut beserta pihak-pihak yang melakukannya. Namun, tentunya setelah ditemukan bukti kebenarannya.

"Penegakkan hukum kan tidak boleh hanya menggunakan informasi foto. Kami harus ke lapangan dan mengecek bagaimana penanaman ini," ujar Roy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com