Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kalla: Bencana Nasional atau Bukan, Semuanya Akan Dibantu

Kompas.com - 15/12/2014, 12:34 WIB
Icha Rastika

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Wakil Presiden Jusuf Kalla menyampaikan, ada standar yang diatur dalam undang-undang untuk menetapkan suatu musibah sebagai bencana nasional. Pemerintah tidak akan membeda-bedakan penanganan musibah, baik yang ditetapkan sebagai bencana nasional maupun tidak.

"Standarnya ada aturannya itu, ya bencana nasional sama bencana biasa sama saja treatment-nya (perlakuan). Tidak ada bedanya sama sekali sebenarnya, tidak ada ukurannya bencana nasional. Semuanya juga akan dibantu," kata Kalla di Kantor Wakil Presiden Jakarta, Senin (15/12/2014), saat ditanya apakah longsor yang terjadi di Dusun Jemblung, Desa Sampang, Kecamatan Karangkobar, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, akan ditetapkan sebagai bencana nasional atau tidak.

Ia menilai longsor di Banjarnegara terjadi karena masalah lingkungan. Bencana ini, menurut Kalla, sedianya dijadikan titik tolak untuk menyelesaikan permasalahan lingkungan. "Ini bermacam-macam, masalah ekologi yang sudah harus diperbaiki. Itu mungkin tanamannya juga tipis," kata Kalla.

Politikus Partai Golkar ini menyampaikan, pemerintah prihatin dan bersedih atas peristiwa yang menimbulkan banyak korban ini. Pada Minggu (14/12/12014), Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah melihat langsung lokasi bencana. Presiden Jokowi telah menginstruksikan agar fokus pada proses evakuasi korban. Berdasarkan pantauan Jokowi di lokasi bencana, kondisi para pengungsi relatif baik dan distribusi bantuan masih mencukupi.

Kendala yang terjadi hanya pada akses masuk alat-alat berat untuk membantu mempercepat proses evakuasi. Menurut Jokowi, alat-alat berat sulit menembus ke lokasi karena akses jalan yang rusak akibat longsor dan guyuran hujan. Namun, ia telah memerintahkan Menteri Pekerjaan Umum Basuki Hadimuljono untuk menyediakan eskavator ukuran kecil agar mudah mencapai titik longsor.

Longsor Banjarnegara terjadi pada Jumat (12/12/2014) pukul 18.00 WIB. Akibatnya, 54 rumah tertimbun tanah. Hingga Minggu sore, 35 korban jiwa telah diidentifikasi, sementara empat korban jiwa belum dapat diidentifikasi.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebelumnya menyampaikan, sedikitnya 500 warga yang mengungsi akibat bencana tanah longsor di Dusun Jemblung, Desa Sampang, Kecamatan Karangkobar, Kabupaten Banjarnegara. Pemerintah berupaya bergerak cepat untuk membantu korban yang dievakuasi dari lokasi kejadian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com