Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tolak Politisi Busuk dan Politik Uang

Kompas.com - 07/03/2009, 21:25 WIB

MEDAN, SABTU - Ratusan aktivis perempuan dan puluhan caleg perempuan dari daerah pemilihan Sumatera Utara menghimbau masyarakat menolak politisi busuk dan politik uang. Mereka menggelar demontrasi damai di jalanan Kota Medan setelah sebelumnya berdikusi di Pendopo Lapangan Merdeka, Medan Sabtu (7/3). Aksi ini juga merupakan rangkaian perayaan Hari Perempuan Sedunia yang jatuh hari Minggu besok.

Perayaan kali ini difokuskan untuk memberi dukungan para caleg perempuan yang menghadapi banyak hambatan, seperti dana yang minim.  

Selepas diskusi di Pendopo Lapangan Merdeka, para caleg dan aktivis berkampanye damai dengan jalan kaki dari Lapangan Merdeka menuju Bundaran Mayestik, Medan. Sepanjang jalan mereka membagikan stiker bertuliskan Apapun Partainya, Pilih dan Menangkan Perempuan .

Para aktivis yang tergabung dalam Pendukung Penguatan Perempuan itu juga menyerukan agar masyarakat tidak golput, namun memilih caleh perempuan. Hindari caleg yang terlibat dalam korupsi, kekerasan, premanisme, perselingku han, pemalsuan identitas, dan tindak tak terpuji lainnya. Selama ini terbukti caleg perempuan tidak kotor dalam berpolitik.

Koordinator Jaringan Aktivis Perempuan/Pendukung Penguatan Perempuan Sumut mengatakan tuduhan yang menyatakan politik uang telah membuat masyarakat pragmatis dalam menentukan pilihannya dan apatis dan memilih golput. Para pemilih yang kurang memperoleh sosialisai akan banyak mengalami kebingungan karena pemilih boleh mencontreng parpol, nomor, atau nama caleg yang jumlahnya sangat banyak.

Sejumlah polisi yang menjaga demonstrasi mengatakan sangat senang jika yang berdemonstrasi adalah para perempuan, sebab mereka tertib dan teratur.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com