Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Survei Indikator: Mayoritas Pendukung Ganjar-Mahfud Percaya Putusan MK Adil

Kompas.com - 22/04/2024, 08:01 WIB
Irfan Kamil,
Dani Prabowo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pendukung pasangan calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD meyakini keputusan perkara perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) oleh Mahkamah Konstitusi (MK) bakal adil.

Hal ini terlihat dalam temuan survei nasional Indikator Politik Indonesia yang dilakukan pada 4 sampai dengan 5 April 2023.

"Untuk kali ini, konstituen Mas Ganjar jauh lebih besar lagi yang percaya bahwa MK akan mengeluarkan putusan yang adil," kata Peneliti Utama Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi, dalam rilis survei, Minggu (22/4/2024).

Baca juga: Kans MK Kabulkan atau Tolak Sengketa Pilpres Dinilai Sama Besar

Dalam jejak pendapat kali ini, sebanyak 70,8 persen pendukung Ganjar-Mahfud percaya MK bakal memutus PHPU secara adil.

Kemudian, pendukung pasangan capres-cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka ada sebanyak 77,2 persen.

Hanya ada 47,7 persen pendukung pasangan capres-cawapres nomor urut 1, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar yang percaya MK akan adil.

Di sisi lain, 47,3 persen pendukung Anies-Muhaimin tidak percaya MK bakal memutus hasil PHPU secara adil. Sementara, hanya 16 persen pendukung Prabowo-Gibran yang tidak percaya MK memutus dengan adil.

Baca juga: Alasan MK Hanya Dalami 14 Amicus Curiae dari 52 yang Diterima

Lalu ada 18,8 persen pendukung Ganjar-Mahfud yang tidak percaya putusan MK akan adil. Ada 5 persen pendukung Anies-Muhaimin, 6,8 persen pendukun Prabowo-Gibran dan 10,4 persen pendukun Ganjar-Mahfud yang tidak jawab atau tidak tahu.

"Apakah ini ekspektasi yang lahir dari hati yang terdalam, wallahu a'lam, kita wawancara berdasarkan jawaban responden," kata Burhanuddin.

"Tapi kalau kita lihat data ini, pendukung Mas Ganjar dan Mahfud MD tingkat kepercayaannya lebih tinggi," ucapnya.

Sebagai informasi, survei ini dilakukan terhadap warga negara Indonesia yang berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah dan memiliki telepon atau cellphone, sekitar 83 persen dari total populasi nasional.

Baca juga: Sikap Hakim MK Diprediksi Terbelah dalam Putusan Sengketa Pilpres

Sampel dipilih melalui metode Random Digit Dialing (RDD) sebanyak 1201 responden. RDD adalah proses pembangkitan nomor telepon secara acak.

Margin of error survei diperkirakan ± 2.9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen, asumsi simple random sampling. Wawancara dengan responden dilakukan lewat telepon oleh pewawancara yang dilatih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com