Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Temui PM Li Qiang, Prabowo Sampaikan Komitmen Tingkatkan Kerja Sama Indonesia-China

Kompas.com - 03/04/2024, 06:41 WIB
Nirmala Maulana Achmad,
Novianti Setuningsih

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto menyampaikan komitmen untuk meningkatkan kerja sama antara Indonesia dengan China.

Komitmen itu disampaikan Prabowo saat menemui Perdana Menteri (PM) China Li Qiang di Beijing, China, pada Selasa (2/4/2024) waktu setempat.

“Saya datang dalam niatan ingin menyampaikan keinginan dan harapan saya untuk meningkatkan hubungan persahabatan dan kerja sama antara kedua negara," ujar Prabowo, dikutip dari siaran pers Kementerian Pertahanan (Kemenhan), Selasa.

Prabowo, yang merupakan calon presiden (capres) pemenang pemilihan presiden (Pilpres) 2024, juga mengatakan bahwa hubungan Indonesia dan China saling melengkapi.

“Kami melihat hubungan yang saling melengkapi antara China dan Indonesia adalah realita yang sangat kami syukuri, atas persahabatan dan kepercayaan kepada kami," kata Prabowo.

Baca juga: Romo Magnis Bicara Etika Presiden di Sidang MK, Kubu Prabowo-Gibran Bela Jokowi

Dalam kesempatan itu, Prabowo juga mengucapkan terima kasih atas sambutan hangat dari PM Li Qiang dan jajaran, terutama dari Presiden China Xi Jinping.

"Xie-Xie. Thank you very much," kata Menhan Prabowo kepada PM Li.

Sementara itu, Li Qiang menilai bahwa hubungan China dan Indonesia telah berkembang pesat dan membuka babak baru dalam membangun komunitas bersama pada masa depan.

Menurut Li, kedatangan Prabowo ke China menunjukkan persahabatan yang mendalam antara China dan Indonesia.

Baca juga: Bertemu Xi Jinping, Prabowo Sampaikan Salam Hangat dari Jokowi

Dikutip dari siaran pers Kemenhan, Li Qiang juga mempertegas siap bekerja sama dengan Indonesia untuk menjaga rasa saling percaya dan memperdalam kerja sama secara menyeluruh yang saling menguntungkan dan bermanfaat.

Li Qiang juga mengatakan, China siap memperkuat komunikasi dan kerja sama dengan Indonesia secara multilateral, seperti melalui PBB dan mekanisme kerja sama Asia Timur.

Kerja sama itu untuk menjaga kepentingan negara-negara berkembang yang lebih baik.

Baca juga: Kepada Xi Jinping, Prabowo Sebut China Mitra Kunci untuk Pastikan Stabilitas Kawasan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com