Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanggal 12 Oktober Memperingati Hari Apa?

Kompas.com - 11/10/2023, 00:00 WIB
Tari Oktaviani

Penulis

KOMPAS.com – Tanggal 12 Oktober 2023 jatuh pada hari Kamis. Tanggal ini diperingati sebagai Hari Museum Nasional.

Selain itu, terdapat pula peringatan dan perayaan lain pada hari ini. Berikut beberapa peringatan yang jatuh pada 12 Oktober 2023.

Hari Museum Nasional

Setiap tanggal 12 Oktober dirayakan sebagai Hari Museum Nasional.

Melansir dari situs Kemendikbud, awal pembentukannya dari acara Musyawarah Museum se-Indonesia (MMI) di kota Malang, Jawa Timur pada tanggal 26-28 Mei 2015.

Pertemuan tersebut dihadiri 250 pengelola Museum di Indonesia dan menghasilkan beberapa keputusan. Salah satunya yaitu menetapkan hari museum. 

Tanggal 12 Oktober dipilih karena mengacu pada tanggal Musyawarah Museum se-Indonesia (MMI) yang pertama di Yogyakarta pada tanggal 12-14 Oktober 1962. 

Jumlah museum di Indonesia saat ini tercatat sebanyak 439 museum. Dengan kehadiran museum diharapkan bisa menunjang minat masyarakat untuk datang ke museum. 

Museum dianggap sebagai salah satu sumber ilmu pengetahuan dan sangat berperan besar terutama dalam upaya pelestarian dan kemajuan budaya. 

Baca juga: Sejarah Museum Tekstil Jakarta dan Koleksinya

Hari Radang Sendi Sedunia

Setiap tanggal 12 Oktober tiap tahunnya diadakan Hari Arthritis Sedunia. 

Arthritis merupakan radang sendi yang menimbulkan rasa nyeri dan kekakuan. Rasa sakit semakin memburuk seiring bertambahnya usia. 

Gejalanya meliputi nyeri, pembengkakan, rentang gerak yang berkurang, dan kekakuan. Arthritis bisa disembuhkan dengan minum obat, fisioterapi, atau terkadang operasi.

Arthritis diyakini sudah ada dari berabad-abad lalu. Terbukti ketika ilmuwan menemukan adanya radang sendi pergelangan kaki yang terdapat pada kaki dinosaurus.

Untuk kondisi seperti rheumatoid arthritis dan osteoarthritis, belum ada obatnya, meskipun olahraga teratur dan penurunan berat badan dapat menekan efeknya.

Banyak orang menilai arthritis selalu berhubungan dengan orang lanjut usia. PAdahal kenyataannya usia muda pun bisa terkena arthritis bila pola makan dan pola hidupnya tidak benar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com