Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
SOROT POLITIK

Lamhot Sinaga Beri Apresiasi Duet Airlangga-Luhut Sukseskan Food Estate

Kompas.com - 25/09/2023, 14:04 WIB
F Azzahra,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com- Anggota Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPR) Republik Indonesia (RI) Lamhot Sinaga menyampaikan apresiasinya kepada Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan atas dukungannya terhadap pengembangan food estate di Humbang Hasundutan.

"Kami optimistis, dalam kurun waktu tiga tahun program ini dapat berjalan dengan baik dan menghasilkan panen komoditas hortikultura, seperti kentang, cabai, bawang merah, dan bawang putih. Sehingga, food estate ini dapat menjadi salah satu kawasan lumbung pangan baru di Indonesia," kata Lambot dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (25/9/2023).

Lambot menjelaskan, food estate memerlukan beberapa tahapan, seperti penataan kawasan, pengembangan sarana dan prasarana, pematangan lahan, dan peningkatan kapasitas dan diversifikasi produksi yang terdiri dari pengembangan budaya petani dalam pengelolaan pertanian, perubahan cara kerja dan kehidupan sosial petani, serta pengembangan korporasi petani.

"Saya sepakat dengan Pak Airlangga. Membangun pertanian membutuhkan proses yang panjang dan waktu yang tidak bisa dipastikan," tutur Luhut.

Baca juga: Bupati Humbahas Apresiasi Food Estate, Bisa Bangunkan Lahan Tidur

Adapun, Airlangga Hartanto dan Luhut Binsar Panjaitan melakukan kunjungan untuk meninjau area food estate di Desa Rairia dan Desa Hutajulu, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara (Sumut), Sabtu (23/9/2023).

Untuk diketahui, Lamhot bersama kedua menko Kabinet Indonesia Maju tersebut dan sejumlah anggota DPR RI daerah pemilihan (dapil) Sumut turut menghadiri acara Dies Natalis Institut Teknologi (IT) Del di Kabupaten Toba.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com