Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenang Kengerian Covid-19, Jokowi: Setiap Hari Ambulans "Nguing-nguing"

Kompas.com - 01/08/2023, 20:57 WIB
Ardito Ramadhan,
Bagus Santosa

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo mengenang kengerian yang terjadi selama pandemi Covid-19 saat memberikan sambutan dalam acara zikir dan doa kebangsaan di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (1/8/2023) malam.

Di hadapan para ulama dan santri yang hadir, Jokowi menuturkan, dia dan jajaran pemerintah sempat tak bisa membayangkan kapan pandemi Covid-19 berakhir.

"Saya sendiri dengan Pak Wakil Presiden, dengan para menteri enggak bisa membayangkan, ini Covid ini selesai kapan, tiap hari di jalan-jalan ambulans nguing-nguing nguing-nguing semuanya," kata Jokowi.

Baca juga: Jokowi dan Maruf Amin Hadiri Acara Zikir di Istana Merdeka

Jokowi mengatakan, pandemi Covid-19 pun seolah tak ada ujungnya karena setelah merebaknya varian Delta, malah muncul varian Omicron, dan yang lainnya.

Menurut dia, ketika itu tidak ada yang bisa menebak kapan pandemi akan berakhir, sehingga hanya dapat melakukan ikhtiar sambil berserah diri kepada Tuhan dalam menghadapinya.

Oleh karena itu, Jokowi menyatakan bahwa keberhasilan Indonesia lepas dari pandemi Covid-19 adalah sebuah anugerah yang luar biasa dari Tuhan.

"Anugerah Allah SWT yang luar biasa bahwa kita bisa lepas dari Covid-19. Jangan lupa kita mensyukuri betapa keadaan yang mencekam saat itu," ujar Jokowi.

Mantan gubernur DKI Jakarta itu menuturkan, keberhasilan tersebut juga tak lepas dari sifat gotong royong bangsa Indonesia saat pandemi Covid-19 melanda.

Jokowi mengingat betul ketika masyarakat saling membantu ke sesama, misalnya dengan mengirim makanan bagi tetangga yang tengah diisolasi karena terpapar Covid-19.

"Inilah berkat gotong royong seluruh lapisan masyarakat, Covid bisa diatasi dan tentu saja tidak lepas dari ketangguhan, kegigihan, kesabaran tawakal kita bersama," kata dia.

Baca juga: BUMD DKI Disebut Mandul, Heru Budi: Masih Pemulihan Pascapandemi Covid-19

Namun demikian, ia mengingatkan bahwa masyarakat juga harus tetap bersyukur kepada Tuhan.

"Sekali lagi, alhamdulillah, patut kita syukuri, jangan lupa mensyukuri nikmat yang diberikan Allah SWT kepada bangsa kita Indonesia," kata Jokowi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com