Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TNI AL Dipercaya Pimpin Seluruh Kekuatan Maritime Task Force di Lebanon

Kompas.com - 16/06/2023, 21:21 WIB
Nirmala Maulana Achmad,
Sabrina Asril

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Prajurit TNI Angkatan Laut (AL) yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) Maritime Task Force (MTF) TNI Konga XXVIII-N/UNIFIL dipercaya memimpin seluruh kekuatan MTF dalam latihan bersama (latma) yang berlangsung sepanjang pekan ini.

Seluruh MTF-UNIFIL berlayar dalam formasi mengarungi Laut Mediterania, Lebanon, pada pekan ini.

Komandan Satuan Tugas MTF TNI Konga XXVIII-N UNIFIL Letkol Laut (P) John David Nalasakti Sondakh mengatakan, kepercayaan untuk memimpin latihan ini merupakan pengakuan terhadap kapabilitas TNI AL dalam operasi secara multinasional

“Dan sejajar dengan angkatan laut negara-negara maju dunia,” kata John David, dikutip dari siaran pers Dinas Penerangan TNI AL (Dispenal), pada Jumat (16/6/2023).

Baca juga: 186 Prajurit TNI UNIFIL Misi Perdamaian di Lebanon Selesai Bertugas

Komandan Maritime Task Force RADM Michael Busse yang on board di KRI Frans Kaisiepo-368, menyaksikan langsung kemampuan manuver, interoperabilitas, profesionalitas, dan kesiapsiagaan operasional kekuatan penjaga perdamaian tersebut.

Materi latihan meliputi maritime picture compilation, maritime interdiction operation, advanced maneuver, photo exercise, dan farewell sail past.

“Latihan kali ini sangat luar biasa karena melibatkan seluruh kekuatan MTF yang ada di wilayah misi perdamaian UNIFIL. Selain itu, latihan ini juga sangat berkesan bagi saya yang akan melaksanakan transfer of authority kepada RADM Dirk Gurtner dari Jerman,” kata Michael Busse.

Baca juga: Panglima TNI Pimpin Sertijab Dansatkomlek dan Kapusinfomar, Ingatkan Pesan Jokowi

Adapun, ratusan prajurit TNI AL yang tergabung dalam Satgas Maritime Task Force (MTF) TNI Konga XXVIII-N/UNIFIL dilepas di Markas Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), Tanjung Priok, Jakarta Utara, pada 1 Desember 2022 lalu.

Satgas yang dipimpin oleh Letkol Laut (P) John David ini melaksanakan misi perdamaian dunia selama satu tahun dengan memberangkatkan 119 personel.

Jumlah personel terdiri dari 103 anak buah kapal (ABK), sembilan kru helikopter, dan tujuh personel pendukung yang mencakup, perwira hukum, intelijen, psikologi, dokter, penerangan, Kopaska dan penyelam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com