Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanggal 28 Mei Memperingati Hari Apa?

Kompas.com - 26/05/2023, 00:00 WIB
Tari Oktaviani

Penulis

KOMPAS.com – Tanggal 28 Mei 2023 jatuh pada hari Minggu. Tanggal ini diperingati sebagai Hari Amnesti Internasional.

Selain itu, terdapat pula peringatan dan perayaan lain pada hari ini. Berikut beberapa peringatan yang jatuh pada 28 Mei 2023.

Hari Amnesti Internasional

Hari Amnesti Internasional didirikan oleh organisasi Amnesti Internasional. Organisasi itu lahir di Inggris pada Juli 1961.

 

Hari Amnesti Internasional dibuat untuk mengingatkan bahwa semua orang punya hak asasi manusia yang sama. Termasuk pelaku pidana.

Amnesti merupakan pengampunan atau penghapusan hukuman yang diberikan kepala negara kepada seseorang atau sekelompok orang yang telah melakukan tindak pidana tertentu.

Adanya hari ini dilatarbelakangi oleh kasus sekelompok orang yang dituduh melakukan pidana seperti memata-matai Rusia pada 1980-an hingga bertindak sebagai pembela dunia kriminal.

Padahal kenyataannya, mereka adalah pembela kaum tertindas dan tertindas, dan mereka bekerja tanpa lelah setiap hari untuk meringankan penderitaan orang-orang di seluruh dunia yang menderita kelaparan, konflik, dan situasi pencarian suaka.

Dengan adanya hari ini diharapkan semua orang mendapat perlakuan yang sama. Bahkan ketika sudah dijatuhi hukuman sekalipun. 

Hari Burger Sedunia

Siapa yang tidak kenal dengan burger?. Hampir semua orang mengetahui jenis makanan ini. Rupanya burger memiliki Hari Burger Sedunia setiap tanggal 28 Mei.

Hamburger atau burger merupakan makanan cepat saji yang terkenal berasal dari Amerika. Meski begitu bagaimana sejarahnya masih belum diketahui dengan jelas.

Ada yang menyebut bahwa hamburger dibuat di New Haven pada tahun 1900 oleh imigran Denmark Louis Lassen, yang menggunakan prinsip Eropa.

Ada juga yang menyebut diadakan pada tahun 1904 di Festival Makanan St. Louis. Meski tidak diketahui pasti namun ketenaran makanan ini sudah tidak perlu lagi diragukan. Bahkan seiring perkembangan zaman ada banyak inovasi dari burger.

Baca juga: Pria Ini Nekat Menyodori Raja Charles III Mahkota Kertas Burger King

Hari Kelaparan Sedunia

Pada tahun 2011, Hari Kelaparan Sedunia tercipta. Hari ini diadakan setiap tanggal 29 Mei tiap tahunnya.

Hari Kelaparan Sedunia diadakan untuk menyoroti penderitaan orang-orang yang kelaparan dan mencoba untuk mengakhiri kelaparan dunia.

Adanya hari ini diinisiasi oleh I.M.F. dan Bank Dunia yang sudah mulai berfokus pada negara-negara dengan tingkat kelaparan yang masih berkembang seperti Ethiopia.

Dengan adanya hari ini diharapkan juga bisa mendorong orang untuk saling membantu agar tidak ada lagi yang merasa lapar di dunia ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com