Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fokus Jadi Ketua Wantimpres, Wiranto Belum Berencana Masuk Partai Politik

Kompas.com - 01/05/2023, 15:53 WIB
Ardito Ramadhan,
Dani Prabowo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mantan Ketua Umum Partai Hanura Wiranto menyatakan tidak akan bergabung ke partai politik dalam waktu dekat karena ingin fokus pada tugasnya sebagai ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres).

"Saya sementara akan tetap bekonstentrasi untuk membantu presiden, memberikan nasihat dan pertimbangan yang beliau perlukan sehingga saya tidak atau belum terikat dengan satu partai politik," kata Wiranto di kantor Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Jakarta, Senin (1/5/2023).

Wiranto mengatakan, nasihat dan pertimbangan itu mesti diberikan Wantimpres karena pemerintahan Jokowi akan menghadapi masa-masa yang tidak mudah.

Baca juga: Wiranto Sodorkan 100 Koleganya untuk Jadi Kader PPP

Menurut dia, situasi politik yang akan memanas menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 membuat Jokowi memerlukan kehadiran anak buahnya untuk memberikan berbagai masukan.

"Banyak isu memang ya, saya ke sana ke mari, tapi sementara ini saya ingin menuntaskan pengabdian saya membantu Pak Jokowi menghadapi akhir-akhir jabatan beliau dalam suasana yang tidak mudah," kata Wiranto.

Kendati demikian, ia mengaku tidak akan memaksakan eks koleganya di Hanura untuk mengikuti langkahnya yang belum masuk ke partai politik.

Baca juga: Ketua Wantimpres Wiranto Kunjungi Rumah Prabowo di Hambalang Sore Ini

Bahkan, pada hari ini Wiranto mengantarkan kolega-koleganya untuk bertemu Plt Ketua Umum PPP Mardiono dan bergabung ke PPP.

Pada sore nanti, mantan panglima ABRI itu juga dijadwalkan bertemu Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto untuk melakukan hal serupa.

"Saya pun kan tidak memakai cara milter ya, semuanya saya perintahkan masuk ke sana ke mari, tapi merupakan bagian dari suatu musyawarah, memberikan kebebasan bagi mereka untuk membrikan suatu pandangan aspirasi mereka," kata dia.

Baca juga: Wiranto Sambangi Markas PPP, Dikalungi Sorban oleh Mardiono

Sebelumnya, Wiranto sempat dikabarkan akan bergabung ke Partai Amanat Nasional (PAN).

Kabar soal bergabungnya Wiranto ke PAN pertama kali diungkapkan oleh Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi pada 13 Februari 2023.

"Sebentar lagi ada kejutan. Ada mantan Ketum parpol yang akan bergabung dengan PAN," ucap dia.

Sementara itu. Ketua Dewan Pakar PAN Dradjad Wibowo tak menampik bahwa kabar bergabungnya mantan ketua umum itu mengarah ke Wiranto.

Baca juga: Silaturahmi Prabowo yang Bawa Pulang Janji Wiranto dan Mahfud untuk Bertemu Lagi

Akan tetapi, ia mengaku belum bisa memberikan kepastian karena hal tersebut merupakan kewenangan dari Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan.

Saya tidak bisa mengiyakan, tapi juga tidak membantah kabar yang beredar. Insya Allah semakin banyak figur publik yang bergabung dengan PAN,” ujar Drajad saat dihubungi awak media pada 16 Februari.

Namun, belakangan kuasa hukum Wiranto, Adi Warman, menyebut bahwa klienmya menunda rencana bergabung ke PAN.

Baca juga: Ditanya Potensi Masuk Gerindra Usai Dikunjungi Prabowo, Wiranto: Masih Ada Pertemuan Berikutnya

"Terkait dengan ramainya pembicaraan di area publik tentang bergabungnya Bapak ke PAN, dengan ini saya menyampaikan bahwa rencana bergabungnya Bapak ke PAN ditunda karena sesuatu dan lain hal sampai pemberitahuan lebih lanjut," ujar Adi Warman, 20 Maret 2023

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com