Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapolri Akan Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2023 Senin Pekan Depan

Kompas.com - 12/04/2023, 15:52 WIB
Rahel Narda Chaterine,
Dani Prabowo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Listyo Sigit Prabowo dijadwalkan akan memimpin gelar pasukan pelaksanaan Operasi Ketupat 2023 di Kawasan Monas, Jakarta, Senin (17/4/2023).

Adapun Operasi Ketupat merupakan operasi pengamanan rutin Kepolisian untuk mengamankan perjalanan saat arus mudik dan balik selama momentum Lebaran agar berjalan aman dan lancar.

"Kemudian untuk masalah gelar pasukan tanggal 17 (April 2023) akan dipimpin oleh Bapak Kapolri," kata Kadiv Humas Polri Irjen Sandi Nugroho kepada wartawan di Divisi Humas Polri, Rabu (12/4/2023).

Baca juga: H-10 Lebaran, Banyak Warga Pilih Mudik Lebih Awal dari Stasiun Pasar Senen

Sandi mengatakan, apel tersebut akan dihadiri perwakilan satuan tugas (satgas) personel gabungan yang akan bertugas di Operasi Ketupat 2023.

Menurutnya, perwakilan personel yang akan hadir tak hanya dari Polri, namun juga dari TNI dan stakeholder terkait.

"Perwakilan dari masing-masing satgas karena kalau 148.000 semuanya di Monas tentunya tidak cukup dan lagi pula kalau nanti diperlukan terus langsung ploting untuk keberangkatannya juga menjadi masalah," ucapnya.

Selain itu, Sandi mengatakan personel gabungan yang tergabung dalam Operasi Ketupat 2023 berjumlah 148.126.

Baca juga: Menteri PUPR Sebut Diskon Tol 20 Persen Berlaku di Jawa Selama Mudik Lebaran 2023

Mereka nantinya akan ditempatkan di titik dan pos yang sudah disiapkan, seperti jalan raya, tempat ibadah, posko pengamanan, rest area, serta objek vital lainnya.

“Untuk yang terlibat pengamanan pasukan ada 148.126 berarti cukup banyak ada posko pengamanan, ada posko pelayanan, ada posko terpadu yang semuanya itu ditempatkan pada tempat-tempat tertentu yang sudah dipilih oleh petugas,” terangnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com