Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menko PMK: Secara De Facto, Indonesia Sudah Keluar dari Pandemi

Kompas.com - 21/12/2022, 16:44 WIB
Ardito Ramadhan,
Sabrina Asril

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengklaim, secara faktual Indonesia telah keluar dari pandemi Covid-19

Muhajdir mengatakan, pemerintah tinggal menunggu keputusan Badan Kesehatan Dunia (WHO) untuk mengakhiri status pandemi tersebut secara global.

"Selalu saya katakan bahwa de facto kita ini sebetulnya sudah keluar dari pandemi, ini tinggal karena untuk menetapkan kapan berakhirnya pandemi itu kan keputusan dari WHO, bukan dari kita," kata Muhadjir di Hotel Borobudur, Jakarta, Rabu (21/12/2022).

Baca juga: Jokowi: Mungkin Akhir Tahun Kita Akan Nyatakan Berhenti Lakukan PPKM

Muhadjir pun memgeklaim, pemerintah juga sudah siap bila pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) dihentikan sebagaimana direncanakan Presiden Joko Widodo.

Ia juga mendukung rencana itu karena menurut dia, PPKM sudah tidak dipraktikan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia.

"Kita tinggal tunggu perintah dari Bapak Presiden tapi secara persiapan Insya Allah sudah siap," kata Muhadjir.

Kendati demikian, dia menegaskan, rencana pencabutan PPKM ini masih perlu dibahas dengan menteri-menteri terkait sebelum diputuskan oleh Jokowi.

Baca juga: Bakal Terbitkan Keppres Cabut PPKM, Jokowi Tunggu Kajian Kemenkes Selesai Minggu Ini

Salah satu hal yang dibahas adalah mengenai kemungkinan kembali melonjaknya kasus Covid-19 yang terjadi di sejumlah negara dalam beberapa waktu terakhir.

"Makanya kita ini lihat perkembangan saja, tapi kalau lihat kita sudah relatif tahan uji ya," ujar Muhadjir.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo membuka kemungkinan pada akhir tahun ini pemerintah akan memberhentikan PPKM di seluruh Indonesia.

Hal tersebut mengingat situasi pandemi di Tanah Air yang saat ini terus membaik. Selain itu, kasus harian Covid-19 pada Selasa (20/12/2022) berada di angka 1.200-an.

"Hari ini, kemarin, kasus harian kita berada di angka 1.200 dan mungkin nanti akhir tahun kita akan menyatakan berhenti PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar), PPKM kita," ujar Jokowi saat memberikan sambutan di acara Indonesia Economic Outlook 2023 di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Rabu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com