Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KTT G20, Luhut Imbau Masyarakat Bali WFH dan Sekolah Daring

Kompas.com - 12/11/2022, 16:51 WIB
Rahel Narda Chaterine,
Icha Rastika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Ketua Bidang Dukungan Penyelenggaraan Acara G20 Luhut Binsar Pandjaitan mengimbau warga Bali mengurangi aktivitas di luar rumah menjelang dan selama pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada pekan depan.

Luhut mengatakan, hal ini sebelumnya juga telah disampaikan oleh Pemerintah Provinsi Bali melalui surat edaran kepada masyarakat.

“Ini bukan berarti rakyat atau masyarakat tidak boleh keluar rumah sepenuhnya. Kami mendorong seluruh kegiatan bisa dilakukan dari rumah agar dilakukan dari rumah saja,” ucap Luhut dalam konferensi pers virtual, Sabtu (12/11/2022).

Baca juga: 3 Kepala Negara Tak Hadiri G20, Ada Rusia, Brasil, dan Meksiko

Lebih lanjut, ia mengimbau, jika memungkinkan para karyawan di Bali bisa bekerja dari rumah atau work from home (WFH).

Sementara itu, anak-anak sekolah diimbau menggelar sekolah daring atau belajar dari rumah.

“Agar anak-anak juga selama beberapa hari bisa belajar secara daring dan karyawan dapat work from home bila itu masih dimungkinkan,” ucap dia.

Menurut Luhut, berdasarkan pengalaman, WFH dan sekolah daring juga telah sukses dilakukan di masa puncak pandemi Covid-19.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi itu juga yakin bahwa WFH dan sekolah daring dapat dilakukan dalam beberapa hari ke depan selama G20.

“Kita sudah pengalaman dengan covid kemarin, itu semua bisa kita lakukan. Dengan spirit (semangat) kebersaman saya yakin ini juga bisa dilakukan,” ucap Luhut.

Baca juga: PDI-P Dorong Putin Sampaikan Pidato di G20 lewat Daring

Selain itu, Luhut mengajak masyarakat Indonesia menjaga citra bangsa Indonesia di mata dunia.

Terlebih, Indonesia saat ini sedang menjadi tuan rumah KTT G20.

“Dari Bali kita ingin mengjak dunia untuk pulih bersama, untuk bangkit lebih kuat dengan bergotong royong seerta membawa perdamaian bagi masyarakat di dunia,” kata dia.

KTT G20 akan digelar di Nusa Dua, Bali, pada 15-16 November 2022. G20 atau Group of Twenty adalah forum kerja sama ekonomi multilateral yang beranggotakan 19 negara dan satu lembaga.

Nantinya, 17 kepala negara akan hadir dalam KTT G20. Tiga kepala negara yang berhalangan hadir dari Rusia, Brasil, dan Meksiko.

Mereka adalah Afrika Selatan, Amerika Serikat (AS), Arab Saudi, Argentina, Australia, Brasil, China, India, Indonesia, Inggris, Italia, Jepang, Jerman, Kanada, Meksiko, Korea Selatan, Rusia, Perancis, Turkiye, dan Uni Eropa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com