Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Proses Alih Fungsi Asrama Haji Pondok Gede Jadi RS Darurat Covid-19 Berlangsung 5 Hari

Kompas.com - 09/07/2021, 16:09 WIB
Fitria Chusna Farisa,
Kristian Erdianto

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo mengatakan, proses alih fungsi Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, sebagai rumah sakit darurat Covid-19 hanya membutuhkan waktu lima hari.

Hal itu ia sampaikan saat meresmikan pengoperasian Asrama Haji Pondok Gede sebagai RS darurat Covid-19, Jumat (9/7/2021).

"Saya ingin menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Menteri Kesehatan, Menteri PUPR, beserta seluruh jajarannya yang telah bekerja keras dalam waktu lima hari untuk menyiapkan wisma haji dikonversi menjadi rumah sakit," kata Jokowi di lokasi.

Baca juga: Mulai Besok, Asrama Haji Pondok Gede Difungsikan sebagai RS Darurat Covid-19

Jokowi menyebut, proses pengalihfungsian Asrama Haji sebagai rumah sakit darurat Covid-19 sudah mencapai 99 persen.

Ia memastikan seluruh peralatan rumah sakit, penggantian AC, hingga pembangunan lift untuk pasien sudah siap dioperasikan.

"Sehingga besok pagi Rumah Sakit Wisma Haji ini sudah bisa dioperasionalkan," ujarnya.

Jokowi pun mengajak para mahasiswa, pemuda-pemudi, ibu-ibu PKK, hingga para kader Posyandu menjadi relawan penanganan pandemi.

Ia mengatakan, para dokter, tenaga kesehatan, ASN, TNI, dan Polri sudah bekerja keras dari pagi hingga malam untuk menangani pandemi.

Oleh karena itu, ia meminta seluruh pihak bekerja sama untuk menekan laju penularan virus corona.

"Akan lebih bagus lagi apabila ada tambahan relawan-relawan dari seluruh komponen masyarakat sehingga penanganan Covid-19 ini bisa kita tangani dengan sebaik-baiknya," kata Jokowi.

Baca juga: Jokowi: Asrama Haji Pondok Gede Disiapkan Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19 di DKI dan Sekitarnya


Untuk diketahui, kasus Covid-19 di Indonesia terus melonjak tajam beberapa waktu terakhir. Hal itu menyebabkan angka keterisian tempat tidur di rumah sakit meningkat drastis.

Data terbaru pemerintah menunjukkan, terjadi penambahan 38.391 kasus baru Covid-19 dalam kurun waktu 24 jam, terhitung sejak Rabu (7/7/2021) hingga Kamis (8/7/2021) pukul 14.00.

Angka itu merupakan yang tertinggi sejak pandemi terjadi di Tanah Air.

Penambahan tersebut menyebabkan total kasus Covid-19 di Indonesia saat ini mencapai 2.417.788 orang, sejak kasus pertama diumumkan Presiden Joko Widodo pada 2 Maret 2020.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com