Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panglima TNI Ingatkan Pentingnya Sinergitas 4 Pilar Tekan Covid-19 di Madiun

Kompas.com - 18/06/2021, 14:54 WIB
Achmad Nasrudin Yahya,
Diamanty Meiliana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengingatkan pentingnya sinergitas empat pilar dalam melaksanakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala mikro guna menekan kasus Covid-19 di Madiun, Jawa Timur.

Hal itu disampaikan Hadi saat memimpin rapat koordinasi bersama Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, Kepala BNPB Ganip Warsito, dan Bupati Madiun Ahmad Dawami di Lanud Iswahjudi, Madiun, Jumat (18/6/2021).

"Dalam pelaksanaan PPKM mikro dilaksanakan oleh empat pilar yaitu, kepala desa, kepala Puskesmas, Babinsa dan Bhabinkamtibmas. Harus selalu bersinergi, berkoordinasi dan berkomunikasi terkait perkembangan Covid-19 di wilayahnya," ujar Hadi dalam keterangan tertulis, Jumat (18/6/2021).

Baca juga: Panglima TNI: Percepatan Vaksinasi Jadi Strategi Tekan Kasus Covid-19 di Kudus

Dalam kesempatan tersebut, Hadi mengingatkan agar petugas terus mengoptimalkan pelaksanaan PPKM berskala mikro.

Selain itu, ia juga meminta petugas agar terus melaksanakan testing, tracing, dan treatment yang akurat dan memberikan tindakan cepat apabila terjadi sebuah kasus.

Sejalan dengan itu, Hadi juga meminta petugas di lapangan agar selalu mengingatkan masyarakat pentingnya menerapkan protokol kesehatan.

Baca juga: Kasus Covid-19 Meningkat, Panglima TNI Minta Semua Pihak Putus Rantai Penularan Bersama

Termasuk terus melaporkan kasus aktif, pemantauan angka kesembuhan, pemantauan angka kematian, Bed Occupancy Rate (BOR) ICU, hingga BOR isolasi.

"Harus dipahami oleh setiap petugas bahwa tugas posko PPKM mikro di antaranya pelacakan kontak erat, pengawasan ketat isolasi mandiri, menutup tempat umum, melarang kerumunan, membatasi keluar masuk RT/RW dan pencatatan data," terang mantan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) tersebut.

Usai memimpin rapat koordinasi, Hadi bersama rombongan kemudian meninjau pelaksanaan vaksinasi yang diikuti 1.600 peserta di Bumi Taman Ngrowo Bening, Madiun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com