Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Partai Golkar Kehilangan BJ Habibie

Kompas.com - 11/09/2019, 22:28 WIB
Kurniasih Budi

Editor

KOMPAS.com - Rasa duka mendalam dirasakan oleh seluruh keluarga besar Partai Golkar.

Pasalnya, Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie, salah satu tokoh panutan, guru, sekaligus Ketua Dewan Kehormatan Partai Golkar telah meninggal dunia, Rabu (11/9/2019).

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto meminta seluruh kader Golkar di Tanah Air untuk memberikan penghormatan terakhir dengan mengibarkan bendera setengah tiang di rumah masing-masing

Airlangga juga mengingatkan, peran BJ Habibie pada era reformasi tidak bisa dilepaskan dalam perjalanan Partai Golkar menuju partai yang modern dan reformis.

“Kami sangat berduka dan berjanji untuk terus melanjutkan cita-cita Bapak BJ Habibie membangun Indonesia yang maju dan berdaulat," kata Airlangga dalam pernyataan tertulis, Rabu (11/9/2019).

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto saat berbicara di hadapan pengurus DPD I, II hingga kecamatan se-Jawa Barat di Tajug Gede Cilodong, Purwakarta, Sabtu (31/8/2019).KOMPAS.com/FARID ASSIFA Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto saat berbicara di hadapan pengurus DPD I, II hingga kecamatan se-Jawa Barat di Tajug Gede Cilodong, Purwakarta, Sabtu (31/8/2019).

Semasa hidupnya, ia melanjutkan, Habibie dikenal sebagai sosok yang sangat peduli dengan Partai Golkar.

"Almarhum selalu hadir dalam acara-acara penting Partai Golkar. Terlebih almarhum selalu memberikan sumbangan pemikiran untuk Golkar akan menjadi partai yang modern dan selalu amanah terhadap kepentingan rakyat," ujarnya.

Kepedulian BJ Habibie terhadap pembinaan sumber daya manusia, telah menginspirasi generasi muda Partai Golkar.

Menurut Airlangga, Habibie pernah meninggalkan petuah-petuah pada kader muda Partai Beringin itu. Salah satu pesannya kepada generasi muda di Golkar yang terus melekat adalah tentang kualitas sumber daya manusia.

"Kami sadar akan pentingnya sumber daya manusia dalam membangun sistem politik yang kuat. Oleh karena itu, diperlukan pembinaan manusia Indonesia," kata Airlangga mengutip pesan Habibie.

Saat ini, imbuh dia, almarhum telah berpulang. Namun demikian, jasa Habibie tak akan terlupakan.

"Bahkan pesan dan semangatnya untuk Partai Golkar akan abadi dan memotivasi setiap insan," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com