Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Curah Hujan Tinggi Sungai Poso Meluap, 113 Kepala Keluarga Mengungsi

Kompas.com - 30/04/2019, 18:27 WIB
Mansur,
Rachmawati

Tim Redaksi

POSO KOMPAS.com- Sebanyak113 kepala keluarga (KK) di Poso, Provinsi Sulawesi Tengah terpaksa harus mengungsi karena tempat tinggalnya terendam banjir luapan Sungai Poso Selasa (30/4/2019).

Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Poso, 113 KK yang terdampak banjir tersebar di tiga kelurahan yang berada di tiga kecamatan yaitu Kelurahan Ronononcu di Kecamatan Poso Kota Selatan, Kelurahan Watuawu di Kecamatan Lage dan Kelurahan Gebang Rejo di Kecamatan Poso Kota.

Baca juga: Pasca-gempa Sulteng, Pasien RSUD Poso Enggan Kembali ke Gedung Rumah Sakit

Kepala BPBD Kabupaten Poso, Masdian Mentiri usai meninjau lokasi banjir di Kelurahan Gebang Rejo kepada Kompas.com mengatakan, selain karena faktor curah hujan yang tinggi, banjir juga diakibatkan karena perambahan hutan di hulu Sungai Poso, sehingga saat hujan Sungai Poso tidak mampu menampung debit air.

Menurutnya, tiga wilayah kecamatan yang terdampak banjir berada di pinggiran Sungai Poso sehingga saaat curah hujan tinggi, secara otomatis air naik dan meluap masuk kepemukiman warga.

"Kami bersama tim sejak pagi turun ke lokasi banjir dan memantau apa yang menjadi kendala dan apa perlu ditindaklanjuti. Kami sudah koordinasi dengan Dinas Sosial dan sudah mendistribusikan bantuan sembako serta obat-obatan,’’ kata Masdian Mentiri.

Baca juga: Gempa Bermagnitudo 5,7 Guncang Poso, Tidak Berpotensi Tsunami

Pihak BPBD kabupaten Poso memastikan tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut dan masih mendata kerugian material. BPBD juga menghimbau  agar masyarakat yang tinggal di pinggir Sungai Poso agar waspada dan mengungsi ditempat yang aman sambil menunggu air surut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com