Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pastikan Malam Natal Aman, Kapolri Sebut Tak Ada Laporan Insiden

Kompas.com - 25/12/2018, 00:35 WIB
Krisiandi

Editor

Sumber Antara

JAKARTA, KOMPAS.com - Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian dan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto memastikan keamaan dan kelancaran perayaan Natal 2018 di seluruh Indonesia, Senin (24/12/2018) malam.

Saat berkunjung ke Gereja Katedral, Jakarta, keduanya menegaskan bahwa perayaan natal tahun ini aman tanpa adanya gangguan.

"Malam ini, kami turun langsung ke lapangan, melihat secara langsung pelaksanaan misa yang akan dilaksanakan di gereja-gereja. Semua berjalan aman dan damai sehingga umat Kristiani dapat merayakan Natal dengan baik," kata Hadi, seperti dikutip Antara.

Pada malam Natal tahun ini, Panglima TNI bersama Kapolri mengunjungi tiga gereja di Jakarta yaitu di Menteng, Kebayoran, dan Katedral.

Baca juga: Pemuda Masjid di Ambon Bantu Jaga Ibadah Natal di Gereja

"Sampai malam ini, kami tidak mendapatkan laporan tentang adanya insiden berkaitan dengan perayaan ibadah Natal, baik yang sudah berlangsung dua hingga tiga pekan sebelumnya. Misa-misa yang sudah dilakukan semua berjalan dengan aman dan lancar," kata Kapolri Tito.

Kapolri menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh anggota TNI/Polri, pemuda gereja dan organisasi masyarakat seperti Banser NU yang turut membantu pengamanan di sejumlah tempat ibadah.

"Malam ini kami di Katedral bertemu dengan para jemaat, ada uskup juga di sini, untuk memberikan jaminan bahwa negara dan pemerintah menjamin setiap warga negara untuk menjalankan ibadah dan kepercayaan menurut agama masing-masing," tutur Kapolri.

Selain memastikan keamanan perayaan Natal 2018, Kapolri juga meminta umat Nasrani yang beribadah untuk turut mendoakan para korban bencana alam di Indonesia.

Baca juga: 260 Personel Polres Lamongan Amankan Perayaan Natal dan Tahun Baru

"Di tengah kegembiraan Natal, Tahun Baru, dan liburan panjang, kita juga mendapatkan musibah bencana alam di Selat Sunda dan sekitarnya. Di tengah perayaan ini, kita juga perlu berbelasungkawa sekaligus berikan doa ataupun bantuan lainnya kepada yang mendapatkan musibah," ujarnya.

Bencana alam yang terjadi di Indonesia, lanjut Kapolri, akan membuat bangsa Indonesia semakin kuat dan saling membantu sebagai satu bangsa.

"Semoga bangsa Indonesia pada 2019 semakin maju, kuat dan NKRI tetap berdiri dengan segala Kebhinekaannya. Perbedaan pada kita bukan pemisah, tapi pemersatu," imbuhnya, berharap.

Kompas TV Bagaimana Kementerian Perhubungan memastikan sarana dan prasarana transportasi dapat beroperasi normal pasca tsunami yang menghantam wilayah pesisir Selat Sunda pada 22 Desember lalu dan sejauh mana persiapan Kementerian Perhubungan menyiasati puncak mudik natal dan tahun baru? Kita bahas bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com