Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenko Polhukam Kirim Tim Pemantau Saat Pilkada Serentak 2018

Kompas.com - 25/06/2018, 16:20 WIB
Reza Jurnaliston,
Bayu Galih

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Asisten Deputi III pada Deputi I Politik Dalam Negeri, Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Tedi Rustendi menyatakan, pihaknya akan mengirim tim pemantau untuk menyukseskan Pilkada Serentak 2018.

Kemenko Polhukam ingin memastikan pelaksanaan Pilkada Serentak 2018 di 171 daerah pada 27 Juni 2018 berjalan aman dan damai.

"Desk Pilkada (Kemenko Polhukam) mengirim tim pemantau di 17 provinsi dan 10 kabupaten/kota yang menyelenggarakan pilkada serentak berdasarkan titik rawan," ujar Tedi, dalam diskusi di Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jakarta, Senin (25/6/2018).

Dalam pembentukan tim pemantau tersebut, kata Tedi, Kemenko Polhukam akan bekerja sama dengan kementerian atau lembaga terkait.

Baca juga: Pilkada Serentak, KPK Ingatkan Masyarakat Tak Pilih Calon yang Bermain Politik Uang

Ia menyebutkan, 17 provinsi tersebut antara lain, Papua, Maluku, Kalimantan Barat, Sumatera Utara, Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Selatan, Jawa Barat, Riau, Lampung, Bali, dan Jawa Tengah.

Selain itu, tim pemantau juga akan dibentuk di 10 kabupaten atau kota yang menyelenggarakan Pilkada Serentak 2018.

Adapun kabupaten/kota itu adalah Kabupaten Magelang, Kota Padang, Kabupaten Sampang, Kota Jambi, Kabupaten Pidie Jaya, Kabupaten Langkat, Kota Tangerang, Kota Bogor, Kabupaten Biak Numfor, dan Kabupaten Empat Lawang.

Baca juga: Tak Liburkan Karyawan pada Pilkada 27 Juni, Perusahaan Bakal Kena Sanksi

Lebih lanjut, Tedi menuturkan, dalam menyukseskan pelaksanaan Pilkada Serentak 2018, pemerintah pusat memberikan perhatian pada potensi kerawanan.

"Sinergitas pemerintah, dengan penyelenggara pilkada seperti KPU, Bawaslu, koordinasi pemerintah pusat dengan pemerintah daerah, serta kesiapan Polri dan TNI mengantisipasi kerawanan yang berpotensi timbul selama pilkada," kata dia.

Turut hadir sebagai narasumber dalam diskusi ini antara lain Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh, Kabiro Teknis dan Humas KPU RI Nursyarifah, Kabiro Multimedia Divisi Humas Polri Brigjen Rikwanto, serta Kepala Bagian Teknis Pengawasan Pemilu Bawaslu Harimurti Wicaksono.

Kompas TV Pilkada Serentak 2018 di 171 wilayah sudah memasuki masa tenang hingga pemungutan suara.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com