Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Zulkifli Hasan: Pak Jokowi Incumbent, Peluangnya Besar

Kompas.com - 27/03/2018, 16:34 WIB
Rakhmat Nur Hakim,
Diamanty Meiliana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan menyatakan, partainya masih belum memutuskan untuk mendukung kembali Presiden Joko Widodo di Pemilu 2019. Namun, ia mengatakan PAN tentu tetap membuka opsi untuk mendukung Jokowi.

Ia menilai selaku petahana Jokowi memiliki peluang yang besar untuk menang di Pemilu 2019.

"Penjajakan dulu, ketemu-ketemu dulu. Pak Jokowi tentu kan peluangnya incumbent besar, menjadi pertimbangan," kata Zul, sapaannya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (27/3/2018).

(Baca juga: PPP: Gandeng Ketum Partai di Depan Publik, Jokowi Tidak Sedang Seleksi Cawapres)

Kendati demikian, penjajakan yang dilakukannya dengan Jokowi dan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto tak hanya sebatas membahas calon wakil presiden.

Menurut dia, hal itu akan menjadi pertimbangan semua partai yang tergabung dalam masing-masing koalisi, sehingga tak bisa diputuskan oleh dua pihak.

Ia menambahkan di bulan ini telah banyak melakukan pertemuan informal membahas koalisi di Pemilu 2019. Ia memprediksi hingga sebulan ke depan akan banyak terjadi pertemuan informal di antara seluruh partai.

(Baca juga: Akankah Kepercayaan Diri Cak Imin Jadi Kunci Kemenangan Jokowi di Pilpres 2019? )

"Saya ketemu Cak Imin (Muhaimin Iskandar) yang lain-lain. Saya, bulan ini, saya sudah katakan, pertemuan-pertemuan informal saya kira bulan ini, bulan depan saya kira sudah delegasi kaya diplomasi resmi bahasa kerennya, jadi formal (pertemuannya)," kata dia.

"Jadi nanti mungkin saya bawa tim dari PAN ke partai lain, mungkin sudah resmi tapi bulan ini penjajakan dulu," lanjut dia.

Kompas TV Simak dialognya dalam Kompas Petang berikut ini!
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com