Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jembatan Pangandaran Ambles, Kementerian PUPR Pasang Barier

Kompas.com - 10/10/2016, 12:01 WIB
Nabilla Tashandra

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, pihaknya tengah memasang barier atau konstruksi pembatas untuk memperbaiki Jembatan Puterapingan yang ambruk.

Jembatan tersebut ambles, Minggu (9/10/2016), dan mengakibatkan jalur Banjar-Pangandaran lumpuh.

"Sekarang lagi pasang barier, di daerah Pangandaran sana ada dua jembatan kena longsor sedang dikerjakan. Mudah-mudahan bisa yang satu enggak putus atau mungkin belum putus dan sekarang diupayakan dipasang barier," tutur Basuki di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (10/10/2016).

Sebelumnya, dikutip Tribunnews.com, Jalur Banjar-Pangandaran lumpuh menyusul ambruknya jembatan Puterapingan yang menghubungkan Kalipucang dan Pangandaran, Minggu (9/10/2016) malam. 

Hujan lebat dua hari berturut-turut yang mengguyur Ciamis dan sekitarnya menyebabkan banjir di sedikitnya tiga lokasi.

(Baca: Jembatan di Banjar Ambles, Jalur Utama Selatan Jabar-Jateng Putus Total)

Ruas jalan raya Banjar-Pangandaran tergenang di Blok viaduct KA Cikotok Pamarican dengan ketinggian air setara tinggi orang dewasa.

Lebih parah, di Blok Jembatan Merjan Desa Ratawangi Banjarsari, luapan air Sungai Cikawasen menggenangi jalan jalur wisata ke Pangandaran tersebut sepanjang 500 meter.

Namun, selepas maghrib, genangan air sudah mulai surut. Jembatan Puterapingan yang menghubungkan Kecamatan Kalipucang dan Kecamatan Pangandaran putus diterjang luapan Sungai Puterapingan yang berlokasi dekat Gardu Induk PLN Pangandaran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com