Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Poros Cikeas "Jagokan" Agus-Sylviana, Nasdem Kian Optimistis Ahok-Djarot Menang Satu Putaran

Kompas.com - 23/09/2016, 13:29 WIB
Dimas Jarot Bayu

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Wakil Ketua Fraksi Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Johnny G Plate, menyambut baik putusan Koalisi Cikeas untuk mengusung Agus Harimurti Yudhoyono dan Sylviana Murni pada Pilkada DKI 2017.

Johnny mengatakan, putusan untuk mengusung Agus-Sylviana sepenuhnya merupakan kewenangan Partai Demokrat bersama tiga partai lain yang tergabung dalam satu koalisi, yakni Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dan Partai Amanat Nasional (PAN).

"Kami menghormati dan menyambut baik keputusan mengusung Agus-Sylviana dalam Pilkada DKI," ujar Johnny ketika dihubungi di Jakarta, Jumat (23/9/2016).

Dengan diusungnya Agus-Sylviana, lanjut Johnny, tahap selanjutnya adalah pertarungan program dan gagasan untuk masyarakat Jakarta.

(Baca: Cerita di Balik Munculnya Nama Agus Yudhoyono dari Poros Cikeas)

"Setelah ini perlu adanya kompetisi yang sehat. Dalam hal ini, kompetisi gagasan bukan hanya normatif, melainkan juga dilakukan secara teoretis dan berdasar pada pengalaman," kata Johnny.

Johnny pun semakin optimistis bahwa sepasang petahana yang diusung partainya, Basuki Tjahaja Purnama dan Djarot Saiful Hidayat, dapat memenangi Pilkada DKI hanya dalam satu putaran.

"Cukup satu peluang putaran. Tak usahlah menghabiskan uang negara untuk membuat dua kali putaran pilkada," kata Johnny.

Empat partai politik (parpol) dalam Koalisi Cikeas, yakni Demokrat, PKB, PAN, dan PPP, secara resmi mengusung Agus Harimurti Yudhoyono dan Sylviana Murni untuk maju dalam Pilkada DKI 2017.

Sebelumnya, Ahok-Djarot sudah lebih dulu mendaftar ke KPU dengan diusung PDI-P, Hanura, Golkar, dan Nasdem.

Sementara itu, Partai Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera baru akan mengumumkan calonnya pada Jumat siang ini.

Kompas TV Lulung Yakin Ahok Kalah, Sandiaga Harap Pilkada Sportif

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com