Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asap Masih Tebal, Rombongan Luhut Tak Jadi Mendarat di Jambi

Kompas.com - 27/10/2015, 09:41 WIB
Ihsanuddin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Luhut Binsar Pandjaitan memimpin rombongan menuju Jambi untuk meninjau lokasi kebakaran hutan untuk memantau kabut asap, Selasa (27/10/2015) pagi. Namun, asap yang masih tebal membuat pesawat Boeing 737-200 TNI AU yang ditumpangi rombongan tidak bisa langsung mendarat di Bandara Sultan Thaha Syaifuddin Jambi.

Pantauan Kompas.com yang ikut dalam rombongan, sejak pukul 08.00 WIB, Luhut dan pejabat terkait lainnya sudah bersiap di Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta. Turut serta dalam rombongan di antaranya didampingi Ketua DPR Setya Novanto, Menteri Kesehatan Nila F Moeloek, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Kepala Polri Jenderal (pol) Badrodin Haiti, dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Willem Rampangilei.

Sejak di Halim, sudah ada laporan bahwa asap di Jambi masih tebal dan tidak memungkinkan untuk pesawat mendarat. Akhirnya, demi keselamatan diputuskan bahwa pesawat akan menuju Palembang terlebih dahulu.

Meski asap masih terlihat tebal di Palembang, namun pesawat berhasil mendarat di Bandara Sultan Mahmud Badarudin II, sekitar pukul 09.25 WIB Dari Palembang, perjalanan rombongan dilanjutkan dengan menggunakan helikopter.

Jika cuaca memungkinkan, helikopter akan langsung menuju Jambi. Namun jika kondisi asap masih tebal, maka helikopter akan mendarat di titik yang paling aman antara Palembang-Jambi. Setelah itu, perjalanan dilakukan dengan menempuh jalur darat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com