Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/04/2015, 17:20 WIB
Ihsanuddin

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com
 — Direktur Eksekutif Poltracking Hanta Yuda mengaku sudah melaporkan hasil survei terakhir pihaknya, yang menunjukkan rendahnya kepuasan publik terhadap pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla.

Hasil survei itu disampaikannya saat Hanta bersama sejumlah pengamat politik lain diundang Jokowi ke Istana Negara, Jakarta, Selasa (14/4/2015).

Berdasarkan survei tersebut, sebanyak 48,5 persen responden menyatakan tidak puas dengan pemerintahan Jokowi-JK. Hanya 44 persen responden menyatakan puas. (Baca: 6 Bulan Pemerintahan, Tingkat Kepuasan Publik atas Jokowi-JK Masih Rendah)

Bagaimana respons Presiden menanggapi hasil survei itu?

"Presiden menyampaikan akan lebih meningkatkan kinerja pemerintahan supaya kepuasan publik meningkat," kata Hanta saat merilis hasil surveinya di Jakarta, Minggu (19/4/2015).

Selain menginformasikan hasil survei terhadap tingkat kepuasan publik, Hanta juga mengaku sempat menyampaikan hasil survei mengenai reshuffle atau perombakan Kabinet Kerja. (Baca: Survei: Tak Puas Kinerja, Mayoritas Publik Minta Perombakan Kabinet)

"Terhadap hasil itu, Jokowi tidak menjawab secara langsung. Katanya, 'ya belumlah, lihat nanti'. Beliau tidak merespons apakah akan ada (perombakan kabinet) atau tidak. Dalam forum itu, Presiden memang lebih banyak mendengar," ujarnya.

Survei ini dilakukan terhadap 1.200 responden di 34 provinsi pada 23-30 Maret 2015. Adapun metode yang digunakan ialah multistage random sampling dengan cara tatap muka. Tingkat margin of error survei ini 2,9 persen. Survei dibiayai oleh Poltracking.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com