Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Finlandia Tertarik Kerja Sama Pelestarian Danau Toba

Kompas.com - 19/03/2015, 15:04 WIB
Icha Rastika

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com
 — Pemerintah Finlandia menjajaki kerja sama dengan Indonesia dalam bidang kehutanan dan lingkungan hidup. Finlandia berharap bisa dilibatkan dalam pelestarian kekayaan alam Indonesia, termasuk Danau Toba di Sumatera Utara.

Kerja sama ini merupakan perluasan dari kerja sama di bidang pendidikan antara Finlandia dan Indonesia. Menurut Rektor Universitas Turku Kalervo Väänänen, pihaknya tertarik untuk membantu pelestarian Danau Toba berdasarkan saran dari pihak universitas di Sumatera ketika berkunjung ke sana.

"Itu yang disarankan rekan Indonesia kami. Jadi, ketika kami berkunjung ke Sumatera, universitas di sana mengajak berdiskusi soal Danau Toba, dan beberapa bulan berikutnya kami mengembangkan kerja sama," kata Väänänen di Kantor Wakil Presiden Jakarta, Kamis (19/3/2015), seusai bertemu dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Ia hadir bersama dengan Menteri Pendidikan dan Komunikasi Finlandia Krista Kuru, serta Senior Advisor Finland University Juha Christensen. Terkait kerja sama di bidang lingkungan ini, pihak Finlandia akan bertemu dengan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya.

Di samping membicarakan kerja sama terkait bidang kehutanan dan lingkungan hidup, Finlandia melanjutkan kerja sama dengan Indonesia dalam bidang perguruan tinggi dan riset. Hari ini, Finlandia akan menandatangani nota kesepahaman (MoU) yang kedua dengan Menteri Riset dan Teknologi M Nasir.

"Hari ini kita jalin kerja sama di bidang pendidikan dan komunikasi karena ini penting untuk mengetahui semua kemungkinan dalam kerja sama antarguru," kata Kuru.

Ia juga menyampaikan bahwa Wapres Jusuf Kalla menyambut baik hal yang ditawarkan Finlandia. Untuk memperberat hubungan kedua negara, Finlandia mengundang Kalla untuk mengunjungi negara tersebut.

"Saya bilang, 'Saya ingin undang Bapak datang ke Finlandia' dan dia merespons, dia berterima kasih atas undangan itu," ucap Kuru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com