Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini yang Diinginkan Jokowi dalam Wujudkan Poros Maritim Dunia

Kompas.com - 04/11/2014, 19:38 WIB
Dani Prabowo

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Presiden Joko Widodo berencana ingin menjadikan Indonesia sebagai negara poros maritim dunia. Ada beberapa hal yang ingin dilakukan Jokowi untuk mewujudkan keinginannya tersebut.

Menurut Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Andrinof Chaniago, Jokowi ingin menjadikan wilayah perairan Indonesia sebagai wilayah perairan yang paling aman di dunia bagi semua aktivitas laut. Untuk itu, pemerintah akan menjamin keamanan dan keselamatan transportasi laut yang dilakukan baik oleh masyarakat maupun pelaku usaha.

“Pemerintah pun berencana akan menjamin memberikan pelayanan prima bagi para pelaku usaha dan pengguna transportasi laut,” kata Andrinof saat Rapat Koordinasi Nasional Kabinet Kerja di Kemendagri, Jakarta, Selasa (4/11/2014).

Pemerintah, kata dia, juga berencana akan mengembangkan industri perkapalan Tanah Air. Selain itu, pemanfaatan sumber daya alam di laut dan kawasan pesisir dengan mengedepankan prinsip yang beriringan antara produktivitas dan kelestarian alam juga akan dikedepankan.

Khusus untuk hal ini, pemerintah berencana untuk memulihkan ekosistem laut yang rusak dan memelihara ekosistem yang masih utuh.

“Pemerintah juga ingin menjadikan budaya pesisir Indonesia sebagai peradaban yang menonjol di mata dunia,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com