Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KPU Tak Temukan Surat Suara Tanpa Gambar Jokowi-JK di Hongkong

Kompas.com - 02/07/2014, 22:13 WIB
Deytri Robekka Aritonang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengklarifikasi informasi mengenai surat suara yang tidak mencantumkan gambar pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut dua, Joko Widodo-Jusuf Kalla. Sejauh klarifikasi yang dilakukan, belum ditemukan surat suara sebagaimana informasi yang beredar di media sosial.

"Kawan-kawan sedang mencari tahu ke panitia pemilihan luar negeri (PPLN). Namun sejauh ini, belum ditemukan surat suara yang seperti itu," ujar Kepala Biro Logistik KPU Boradi di Gedung KPU, Jakarta Pusat, Rabu (2/7/2014).

Dia mengatakan, bisa saja informasi tersebut tidak benar. Menurut dia, tidak mungkin kerusakan surat suara terstruktur hanya menghilangkan salah satu pasangan calon. "Kalau rusak, ya pasti rusak dua-duanya, misalnya gambarnya kabur. Kalau seperti tadi tidak mungkin. Kan polanya satu," kata Boradi.

Sebelumnya, anggota tim pemenangan pasangan Jokowi-JK, Eva Kusuma Sundari, menerima informasi bahwa surat suara untuk Pilpres Indonesia di Hongkong hanya berisikan gambar pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa (baca: Eva: Surat Suara di Hongkong Hanya Ada Gambar Prabowo-Hatta).

"Hari ini surat suaranya baru masuk. Ketika dibuka, ada surat suara yang gambarnya tak ada muka Jokowi-JK. Ini dari relawan Hongkong. Itu dari pos diterima ke alamat pemilih," ujar Eva di Kompleks Gedung MPR/DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com