Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demokrat Akan Ajukan Beberapa Peserta Konvensi ke Parpol Lain

Kompas.com - 11/04/2014, 14:44 WIB
Rahmat Fiansyah

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Anggota Dewan Pembina Partai Demokrat, Melani Leimena Suharli, mengatakan, partainya akan mengajukan beberapa nama peserta Konvensi Calon Presiden Partai Demokrat kepada partai lain. Nama-nama itu bisa saja diajukan sebagai calon wakil presiden.

"Kayaknya akan ada beberapa nama, ya. Mereka kan nanti mau yang ini, mau yang itu, kan tentu akan cair," katanya saat ditemui di Kompleks Gedung MPR/DPR RI, Jakarta, Jumat (11/4/2014).

Melani mengatakan, Partai Demokrat sampai saat ini belum memutuskan nama-nama tersebut. Menurutnya, partainya akan mengacu pada lembaga survei internal yang tidak hanya didasarkan pada aspek popularitas. Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat itu mengatakan, lembaga survei nantinya akan memberikan hasilnya kepada Komite Konvensi Capres Partai Demokrat. Setelah itu, komite akan menyerahkan keputusannya ke Majelis Tinggi Partai Demokrat.

"Yang terpilih realistis saja, enggak mungkin langsung menjadi capres, tapi bisa saja menjadi cawapres," kata Wakil Ketua Dewan Kehormatan Partai Demokrat tersebut.

Menurut Melani, partainya siap berkoalisi dengan mana pun, termasuk Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), Partai Golkar, dan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra). Khusus mengenai PDI-P, ia menegaskan hal itu sangat mungkin terjadi dalam politik.

"Semua serba mungkin dalam politik. Pak Prabowo sama Pak Jokowi yang berpantun-pantun itu, tentu bisa saja bergabung. Kita enggak bisa tahu," ujarnya.

Berdasarkan hasil hitung cepat sejumlah lembaga survei atas perolehan suara Pemilu Legislatif 2014, Partai Demokrat diperkirakan berada di urutan keempat dengan perolehan suara kira-kira 9-10 persen. Melihat hasil sementara tersebut, Sekretaris Konvensi Calon Presiden Partai Demokrat Suaidi Marasabessy setuju dengan usulan agar rumusan konvensi diubah. Ia menilai, perlu ada rumusan baru mengenai hasil konvensi karena rendahnya perolehan suara Partai Demokrat dalam Pemilu Legislatif 2014.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com