Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Tiga Mentor Politik Jokowi

Kompas.com - 31/03/2014, 13:33 WIB
Ihsanuddin

Penulis


NGAWI, KOMPAS.com
 — Bakal calon presiden Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Joko Widodo alias Jokowi mengaku mempunyai tiga mentor politik. Jokowi mengatakan, ketiga mentor ini yang membuatnya terjun ke dunia politik. Siapa saja mereka?

Pertama, kata Jokowi, presiden pertama RI, Sang Proklamator Soekarno. Menurut Jokowi, ia mempelajari dan menyelami sosok Bung Karno melalui buku-buku.  

"Saya sering baca buku-bukunya Beliau, Indonesia Menggugat dan yang lain-lainnya," kata Jokowi, seusai mengunjungi kediaman almarhum Radjiman Wedyodiningrat di Ngawi, Jawa Timur, Senin (31/3/2014).

Radjiman, kata Jokowi, merupakan mentor politik Bung Karno. Dia juga yang meminta Bung Karno untuk mendeklarasikan Pancasila.

Mentor kedua, lanjut Jokowi, adalah Ketua Umum DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Megawati Soekarnoputri. Megawati, yang juga putri Soekarno, menurut Jokowi, adalah orang yang sangat berpengaruh dalam karier politiknya. 

"Meskipun saya juga pernah beda pendapat, misalnya pas penentuan tempat deklarasi waktu itu," kata Jokowi.

Sementara itu, mentor politik ketiga, kata Jokowi, rakyat. Jokowi mengaku, tanpa rakyat yang terus mengkritisi dan memberi masukan kepadanya, karier politiknya tidak akan cemerlang seperti ini.

"Rakyat juga mentor di lapangan, kalau tanpa rakyat ndak bisa," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com