Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pramono Edhie: Korban Awan Panas Sinabung, Pahlawan!

Kompas.com - 02/02/2014, 23:09 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

Sumber Antara
JAKARTA, KOMPAS.com- Salah satu kandidat Konvensi Calon Presiden Partai Demokrat Pramono Edhie Wibowo, berpendapat wartawan dan sukarelawan yang meninggal dunia saat bertugas di lokasi erupsi Gunung Sinabung, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Sabtu (1/2/2014) sebagai pahlawan.

"Saya turut berduka cita yang sedalam-dalamnya atas meninggalnya dua wartawan dan belasan relawan korban awan panas erupsi Gunung Sinabung, dan menganggap mereka sebagai pahlawan," kata Pramono Edhie, di Palembang, Minggu (2/1/2014).

Dua wartawan yang turut menjadi korban tewas akibat semburan awan panas Gunung Sinabung adalah Rizal Syahputra dan Thomas Meilala. Keduanya meninggal bersama belasan sukarelawan yang bertugas di Desa Sukameriah, Kecamatan Payung, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Mereka diterjang awan panas yang mengempas sekitar pukul 10.30 WIB, Sabtu.

"Bagi saya mereka yang meninggal saat melakukan tugas mulia tersebut seperti layaknya pahlawan kemanusiaan," imbuh Pramono. Dia pun mengimbau pemerintah daerah untuk merelokasi warga Desa Sukameriah.

"Bersama para sukarelawan Barisan Pemuda Nusantara (Badar) yang biasa membantu saya di beberapa wilayah Indonesia akan menggalang dana kemanusiaan untuk para korban bencana itu," ujar Pramono.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com