Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BNP2TKI: Belum Ada Wacana Pencabutan Moratorium

Kompas.com - 25/11/2013, 11:42 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Moh Jumhur Hidayat menyatakan hingga saat ini belum ada wacana resmi pencabutan moratorium pengiriman tenaga kerja Indonesia ke Arab Saudi.

"Saya rasa memang belum ada wacana resmi untuk pencabutan moratorium (pengiriman TKI ke Arab Saudi) itu," kata Jumhur seperti dikutip Antara, Senin (25/11/2013), merespons petisi dari sejumlah aktivis di Jeddah kepada Presiden RI dan Menkertrans perihal penolakan pencabutan moratorium.

Jumhur mengatakan, Menteri Tenaga Kerja Muhaimin Iskandar tidak mungkin mencabut moratorium sebelum ada memorandum of understanding yang kuat dan mengikat dalam perlindungan TKI.

Sebelumnya, aktivis Mustofa Hasyim dari Jeddah, Arab Saudi, menyampaikan petisi kepada Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI melalui situs change.org.

Dalam petisi tersebut, Mustofa menyatakan, "Batalkan rencana pencabutan moratorium pengiriman TKI ke Arab Saudi sebelum ditandatanganinya kesepakatan (MoU) jaminan perlindungan terhadap hak-hak TKI, antara Pemerintah RI dan Arab Saudi."

Petisi lain dibuat oleh Thobibuddin Ahmad dengan judul "Presiden @SBYudhoyono; Ribuan TKI Menunggu Anda di Saudi. #RibuanMenungguSBY". Dalam petisi ini, dia menceritakan ribuan pahlawan devisa menggelandang di negeri orang.

"Mereka terlantar dan tidak diperlakukan manusiawi. Mereka butuh Anda (Presiden Susilo Bambang Yudhoyono) turun tangan! Datanglah ke Arab Saudi. Percepat exit permit biar ribuan anak dan perempuan biar segera bisa pulang ke Indonesia," demikian tulisan Thobibuddin Ahmad.

Ia juga menceritakan bahwa keadaan mereka makin memprihatinkan. Anak-anak mulai sakit. "Jangan biarkan mereka menderita terlalu lama. Yang terpaksa tinggal di pinggir jalan juga perlu perlindungan, apalagi cuaca sedang buruk di Arab dingin dan mulai turun hujan," katanya.

Sebelumnya, anggota Tim Pengawas Tenaga Kerja Indonesia daric Fraksi PDI Perjuangan DPR RI Eva Kusuma Sundari mendukung petisi dari para aktivis di Jeddah perihal penolakan pencabutan moratorium pengiriman TKI ke Arab Saudi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com