Rabu, 22 Oktober 2014

News / Nasional

Dikaitkan dengan Luthfi, Darin Mumtazah: Kok Bisa Begini?

Kamis, 23 Mei 2013 | 19:43 WIB

Terkait

JAKARTA, KOMPAS.com — Darin Mumtazah (19), remaja yang menjadi saksi kasus pencucian uang atas tersangka Luthfi Hasan Ishaaq, mengaku kaget atas merebaknya pemberitaan dirinya di berbagai media massa. Hal tersebut diungkapkan Darin Mumtazah kepada Mufidah, ibunya, Kamis (23/5/2013) siang.

"Dia (Darin Mumtazah) lihat di televisi mungkin. Tadi dia bilang, 'Kenapa ini kok bisa begini?'" ujar Mufidah kepada wartawan di rumah lamanya di kawasan Jalan Kebon Nanas, Cipinang Cempedak, Jatinegara, Jakarta Timur, Kamis sore.

Terkait surat panggilan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kepada Darin, Mufidah tidak akan membiarkan putri yang lahir di Bondowoso, 29 Maret 1994, tersebut diperiksa seorang diri. Jika memungkinkan, maka Mufidah akan menggantikan sang putri mendatangi KPK.

"Anaknya enggak mau dipanggil. Kan anak saya juga masih sekolah, jadi sama saja, harus saya yang ngadepin (KPK)," katanya.

Mufidah enggan mengungkapkan keberadaan putrinya. Ia hanya mengatakan bahwa putri semata wayangnya tersebut dalam kondisi sehat walafiat dan tengah berekreasi dengan ayahnya, Ziad Baladzam. Ia meminta agar sang putri tidak diganggu.

Meski banyak pihak menyebut bahwa putrinya telah menikah secara siri dengan Luthfi, Mufidah tetap bersikukuh menampiknya. Menurutnya, hubungan antara keluarganya dan mantan Presiden Partai Keadilan Sejahtera itu hanya sebatas menjalin silaturahim.

"Sekarang kalau memang dia istrinya, ini pemberian Pak Luthfi mana? Mana mobil, mana rumah? Pak Luthfi itu cuma kenal sama bapaknya (Ziad)," ujarnya.

Darin Mumtazah merupakan seorang pelajar SMK di Jakarta Timur yang pernah dipanggil KPK sebagai saksi kasus dugaan pencucian uang Luthfi. Ia diduga memiliki hubungan dengan Luthfi sekaligus menerima aliran dana dari Luthfi.

Catatan Kompas.com menunjukkan, Darin Mumtazah kali pertama dipanggil KPK pada 12 April 2013. Saat itu Darin dipanggil sebagai saksi bersama dengan dua istri Luthfi, Sutiana Astika dan Lusi Tiarani Agustine, karena dianggap tahu aliran aset Luthfi. Karena Darin tak hadir, KPK menjadwalkan kembali pemanggilan Darin Mumtazah pada 17 Mei 2013. Namun, Darin kembali tidak memenuhi panggilan pemeriksaan KPK.


Penulis: Fabian Januarius Kuwado
Editor : Laksono Hari W